Tercatat Ada 534 Perusahan Peternakan Indonesia Tahun 2021

0
53

(Vibizmedia – Kolom) Berdasarkan hasil updating BPS tentang Direktori Perusahaan Pertanian (DPP) 2021, jumlah perusahaan peternakan di Indonesia pada tahun 2021 tercatat sebanyak 534 perusahaan yang terdiri dari 34 perusahaan peternakan sapi perah, 101 perusahaan ternak besar dan kecil, dan 399 perusahaan peternakan unggas.

Perbandingan Jumlah Perusahaan Peternakan Menurut Jenis Usaha, 2021

Sumber : BPS 2021

Jika dilihat per pulau, perusahaan peternakan sebagian besar terdapat di pulau Jawa dengan jumlah perusahaan sebanyak 355 atau 66,48 persen dari total perusahaan peternakan di Indonesia. Wilayah lain yang mempunyai jumlah perusahaan peternakan cukup besar adalah Sumatera dengan jumlah perusahaan peternakan sebanyak 85 atau 15,92 persen, kemudian Kalimantan 40 perusahaan atau 7,49 persen, Sulawesi 35 perusahaan atau 6,55 persen, Bali dan Nusa Tenggara 14 perusahaan atau 2,62 persen, dan sebagian kecil di Maluku dan Papua sebanyak 5 perusahaan atau 0,94 persen dari total perusahaan peternakan di Indonesia. Provinsi Jawa Barat merupakan daerah yang mempunyai jumlah perusahaan peternakan terbesar yaitu sebesar 210 perusahaan atau 39,33 persen.

Sebaran Perusahaan Peternakan di Indonesia Menurut Provinsi, 2021

Sumber : BPS 2021

 

Perusahaan Peternakan Sapi Perah

Perusahaan peternakan sapi perah tidak menyebar secara merata di seluruh Indonesia. Bahkan di beberapa provinsi tidak ditemui adanya perusahaan peternakan sapi perah. Pada tahun 2021 perusahaan peternakan sapi perah di Indonesia tercatat sebanyak 34 perusahaan. Secara regional, Pulau Jawa sangat mendominasi keberadaan perusahaan peternakan sapi perah. Hal tersebut terlihat dari jumlah sebanyak 28 atau 82,35 persen perusahaan peternakan sapi perah berada di Pulau Jawa.

Perbandingan Jumlah Perusahaan Peternakan Sapi Perah Menurut Pulau, 2021

 

Sumber : BPS

Sisanya tersebar di Pulau Sumatera sebanyak 3 (8,82 persen), serta di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi masing-masing sebanyak 1 perusahaan (2,94 persen). Di Maluku dan Papua tidak terdapat perusahaan sapi perah. Provinsi Jawa Barat merupakan daerah yang mempunyai jumlah perusahaan peternakan sapi perah terbanyak yaitu sebesar 11 perusahaan atau 32,35 persen dari seluruh perusahaan peternakan sapi perah di Indonesia pada tahun 2021.

Perusahaan Peternakan Ternak Besar/Kecil

Berbeda halnya dengan perusahaan peternakan sapi perah yang tidak menyebar merata di seluruh Indonesia, perusahaan peternakan ternak besar/kecil cenderung menyebar di seluruh wilayah Indonesia meskipun beberapa provinsi diantaranya Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua tidak memiliki perusahaan peternakan ternak besar/kecil.

Perbandingan Jumlah Perusahaan Peternakan Ternak Besar/Kecil Menurut Pulau, 2021

 

 

BPS 2021

Secara regional, hampir 50 persen perusahaan peternakan ternak besar/kecil terdapat di Pulau Jawa yakni sebanyak 48 perusahaan dari total 101 perusahaan yang ada di Indonesia. Wilayah lain yang memiliki distribusi perusahaan peternakan ternak besar/kecil adalah Sumatera sebanyak 35 perusahaan (34,65 persen), Pulau Bali dan Nusra serta Pulau Kalimantan masing-masing sebanyak 7 perusahaan (6,93 persen). Sisanya berada di Pulau Sulawesi 4 perusahaan (3,96 persen). Provinsi Jawa Barat merupakan daerah yang mempunyai jumlah perusahaan peternakan ternak besar/kecil terbanyak yaitu sebesar 26 perusahaan atau 25,74 persen dari seluruh perusahaan peternakan ternak besar/kecil di Indonesia pada tahun 2021.

 

Perusahaan Peternakan Unggas

Kondisi perusahaan peternakan unggas meskipun hampir menyebar di seluruh wilayah Indonesia namun jumlah yang sangat dominan terdapat di Pulau Jawa. Sedangkan provinsi seperti Provinsi Aceh, Bengkulu, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat tidak memiliki perusahaan peternakan unggas.

Perbandingan Jumlah Perusahaan Peternakan Unggas Menurut Pulau, 2021

Sumber : BPS

Hampir 70 persen perusahaan peternakan unggas terdapat di Pulau Jawa yakni sebanyak 279 perusahaan dari total 399 perusahaan yang ada di Indonesia. Wilayah yang memiliki persentase perusahaan peternakan unggas lebih dari 10 persen adalah Sumatera yaitu sebanyak 47 perusahaan atau 11,78 persen. Wilayah lainnya memiliki persentase jumlah perusahaan kurang dari 10 persen yaitu Kalimantan sebanyak 32 perusahaan atau 8,02 persen, Sulawesi sebanyak 30 perusahaan atau 7,52 persen, dan sisanya berada di Bali dan Nusra serta Maluku dan Papua masing-masing sebanyak 6 perusahaan (1,50 persen) dan 5 perusahaan (1,25 persen). Provinsi Jawa Barat merupakan daerah yang mempunyai jumlah perusahaan peternakan unggas terbanyak yaitu sebesar 173 perusahaan atau 43,36 persen dari 399 seluruh perusahaan peternakan unggas di Indonesia pada tahun 2021.

Dari pemetaaan perusahaan peternakan di Indonesia ini, masih diperlukan adanya pemerataan perusahaan di seluruh Indonesia. Hal ini diperlukan mengingat distribusi di Indonesia menjadi hal yang krusial untuk pemerataan tingkat hidup masyarakat. Pemenuhan kebutuhan masyarakat berbeda-beda di setiap pulau dan kepulauan. Pulau dengan kepadatan penduduk tinggi seperti Jawa sudah semestinya menarik perusahaan-perusahaan peternakan untuk membuka bisnis disana. Namun tetap diperlukan pembangunan perusahaan di daerah-daerah yang tertinggal untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. Dalam hal ini pemerintah dapat mendorong usaha masyarakat melalui pola pemberdayaan UMKM yang bisa menjadi penopang daerah-daerah pedesaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here