Kegiatan Koordinasi Instansi Anggota Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Provinsi Papua Barat

0
77

(Vibizmedia – Pabar)  Manokwari (19/11/2021) – Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat menggelar Kegiatan Koordinasi Instansi Anggota Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Provinsi Papua Barat

Kegiatan yang dihelat kemarin siang (18/11) di Hotel Swiss Bel tersebut, diawali dengan sambutan dari Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim), A. Pallawarukka sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Adapun beberapa hal yang diutarakan pada siang itu yakni, isu aktual keberadaan orang asing yang ada di Provinsi Papua Barat dalam hal ini Pendakwah Asing, tindak lanjut dari informasi Pemeritahan Arab Saudi yang akan membuka kembali kegiatan Haji dan Umroh serta penyebaran informasi terkait Inovasi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Manokwari berupa Layanan Si Maleo ( Siap Melayani Anda Lewat Mobile ) dan Layanan Pigi Haji.

Selain beberapa hal di atas, beliau juga menyampaikan peraturan terbaru yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi dalam Penanganan Penyebaran Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional diantaranya peraturan tentang pemberian Visa dan Izin Tinggal dan Tempat Pemeriksaan Imigrasi tertentu.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Kabid Inteldakim) Buono Adi Sucipto turut menyampaikan beberapa hal yang menjadi atensi di antaranya data statistik Tenaga Kerja Asing dan Penjamin di wilayah kerja Divisi Keimigrasian yang membawahi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Manokwari dan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sorong serta pelayanan keimigrasian yang ada pada Divisi Keimigrasian yakni Pelayanan Izin Tinggal Terbatas dan Izin Tinggal Tetap ( KITAS/KITAP).

Selanjutnya kegiatan koordinasi TIMPORA dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang terlihat berjalan cukup menarik animo dari peserta yang hadir, dimana ada begitu banyak pertanyaan yang dilayangkan kepada Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

Dengan adanya kegiatan koordinasi ini, diharapkan dapat terjalinnya hubungan koordinasi yang baik diantara Anggota TIMPORA Provinsi Papua Barat sekaligus sebagai wadah pertukaran informasi yang bermanfaat antar anggota TIMPORA guna mewujudkan keamanan dan ketertiban di wilayah Peovinsi Papua Barat.

Sumber : HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here