Wapres K.H. Ma’ruf Amin: Komitmen Global SDGs Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

0
56
Wapres K.H. Ma’ruf Amin pada Konferensi Tahunan SDGs Indonesia Tahun 2021 yang diselenggarakan melalui konferensi video, Selasa (23/11/21). (Foto: KIP SETWAPRES)

(Vibizmedia – Jakarta) Indonesia telah memasuki tahun keenam dalam mewujudkan komitmen global untuk pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs). Hal ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Untuk itu, diperlukan komitmen untuk melakukan transformasi pembangunan dan menyeimbangkan dimensi sosial, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui SDGs.

“SDGs merupakan komitmen global yang sangat penting untuk menjadi panduan, kerangka, dan agenda bersama yang inklusif dan berkelanjutan, demi menyelamatkan generasi hari ini maupun generasi masa depan,” ucap Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada Konferensi Tahunan SDGs Indonesia Tahun 2021 yang diselenggarakan melalui konferensi video, Selasa (23/11/21).

Lebih lanjut, Wapres mengungkapkan perlu adanya upaya dalam menyeimbangkan tujuan pembangunan berkelanjutan melalui kolaborasi dan wujud nyata yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Kolaborasi dibutuhkan untuk membumikan SDGs ke dalam aksi-aksi nyata yang menyentuh kebutuhan masyarakat, sekaligus menyeimbangkan empat pilar utama dalam tujuan pembangunan berkelanjutan, yaitu aspek sosial, ekonomi, lingkungan, dan tata kelola,” ujar Wapres.

Wapres menjabarkan tujuan pertama SDGs yaitu untuk melakukan pengentasan kemiskinan ekstrem secara global dan adanya presidensi G20 Indonesia yang menjadi ajang agenda strategis di tingkat global. “Bapak Presiden memberikan arahan agar target pengentasan kemiskinan ekstrem dicapai lebih awal, yaitu dinihilkan pada tahun 2024,” tutur Wapres.

“Presidensi G20 Indonesia akan menjadi momentum yang baik untuk mengusung agenda strategis di tingkat global termasuk dalam pencapaian SDGs,” tambahnya.

Lebih lanjut Wapres memastikan agar target SDGs itu dapat tercapai dengan upaya inklusif dan mendorong berbagai pihak untuk dapat berkontribusi agar tidak ada satu bidang pun yang tertinggal. “Kita harus terus memastikan SDGs ini dicapai dengan upaya inklusif, no one left behind, sehingga tidak ada satu pun orang, wilayah, ataupun negara yang tertinggal.”

Menutup sambutannya Wapres berharap agar terwujudnya SDGs ini dapat didukung kementerian/Lembaga bersama pihak-pihak lain terkait agar terus untuk bersinergi dalam menyelaraskan koordinasi antar instansi untuk mencapai target SDGs.

“Waktu kita semakin pendek, terlambat bukanlah suatu pilihan karena terlalu besar krisis kemanusiaan yang akan kita tanggung dan pertaruhkan. Saya berharap Kementerian PPN/ Bappenas dapat terus menyelaraskan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam pencapaian target SDGs,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here