KAI dan BMKG Tingkatkan Keselamatan dan Kelancaran Operasional Perkeretaapian

0
53
KAI dan BMKG Tingkatkan Keselamatan dan Kelancaran Operasional Perkeretaapian (Foto: BMKG)

(Vibizmedia – Economy & Business) Kesepakatan antara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bersama PT. Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) dilakukan dalam bentuk kerja sama pengoptimalan pemanfaatan Informasi Publik di Bidang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG). Informasi akan dimanfaatkan untuk mendukung keselamatan dan kelancaran Kegiatan Operasional di bidang Perkeretaapian.

Penandatanganan MOU kerja sama tersebut dilakukan oleh Sekretaris Utama BMKG Dwi Budi Sutrisno dan Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI (Persero) John Robertho pada hari Rabu (24/11/2021).

Upaya ini disambut baik oleh Sekretaris Utama BMKG, Dwi Budi Sutrisno, yang mengapresiasi PT KAI (Persero) karena telah mempercayakan BMKG dalam memberikan pelayanan informasi khususnya informasi cuaca dan kegempaan kepada masyarakat pengguna moda transportasi kereta api.

“BMKG berupaya maksimal untuk memberikan layanan yang terbaik kepada PT KAI, agar kenyamanan, keamanan, dan keselamatan masyarakat pengguna layanan jasa KAI, khususnya yang berkaitan dengan informasi dan peringatan dini cuaca dan kegempaan, agar dapat termonitor dan terdiseminasi dengan baik, khususnya kepada Para Pengguna layanan jasa KAI,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (24/11/2021).

Adapun Ruang lingkup dari Perjanjian Kerja Sama tersebut meliputi:

– Penyediaan dan Pemanfaatan Informasi Publik dan Informasi Khusus;

– Penyebarluasan Informasi Publik kepada Pengguna Jasa Layanan Perkeretaapian;

– Pemberian Pemahaman Dasar di Bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika; dan

– Pemanfaatan Lahan untuk Penempatan Peralatan Pengamatan.

Kedua belah pihak berharap dengan terlaksananya penandatanganan MoU kerja sama antara keduanya, dapat meningkatkan keselamatan pengguna jasa layanan perkeretaapian, dan mendukung kelancaran operasional di bidang perkeretapian, serta mengoptimalkan pemanfaatan Informasi Publik di Bidang Meteorologi dan Geofisika.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani
Foto: BMKG

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here