IPO BEI ke-43: PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk (DEPO), Harga Perdana Rp482 per Lembar

0
49

(Vibizmedia – IDX Stocks) – Pada Kamis, 25 November 2021, jam perdagangan Bursa Efek Indonesia juga dibuka oleh PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. (“Perseroan”) (DEPO) dalam rangka pencatatan saham DEPO di papan utama BEI.

DEPO akan menjadi perusahaan tercatat ke-43 yang tercatat di BEI pada tahun 2021. DEPO bergerak pada sektor Consumer Cyclicals dengan sub sektor Retailing. Adapun Industri DEPO adalah Specialty Retail dengan sub industri Home Improvement Retail.

Harga penawaran DEPO adalah senilai Rp482,- per lembar saham dengan jumlah saham yang dicatatkan sebanyak 6.790.000.000 lembar saham, sehingga kapitalisasi pasarnya adalah senilai Rp3.272.780.000.000,-.

PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk, perusahaan pelopor Supermarket Bahan Bangunan pertama di Indonesia dengan nama gerai DEPO BANGUNAN, sudah dinyatakan efektif untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui proses penawaran umum perdana saham atau Initial Public O ffering (IPO). Perseroan secara resmi memperoleh pernyataan e fektif dari O toritas Jasa Keuangan (OJK) pada 16 November! 2021 dengan kode saham DEPO.

Depo Bangunan telah menunjuk PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek dalam proses IPO ini. Berdasarkan prospektus, Depo Bangunan menawarkan harga saham IPO DEPO di Rp 482 per saham. Dengan demikian dana yang akan terkumpul adalah sebesar Rp 493,57 m iliar dari pelepasan 1,024 juta lembar saham atau 15,08 % dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Corporate Secretary Depo Bangunan, Erwan Irawan mengungkapkan dana yang diperoleh dari hasil IPO akan digunakan untuk pengembangan usaha antara lain dengan menambah gerai ritel di sejumlah daerah potensial, menambah produk house brand dan mengembangkan online channel. “Depo Bangunan menargetkan membuka 3 (tiga) gerai baru dengan standar ukuran luas kurang lebih 4.000m2 setiap tahunnya” ujar Erwan. Tentunya Strategi ekspansi ini, harus memperhatikan perkembangan kondisi pandemik beserta mitigasi resiko untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.

Tentang Depo Bangunan PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. adalah perusahaan pertama supermarket bahan bangunan di Indonesia, yang didirikan oleh Kam biyanto Kettin di Jakarta, dengan gerai pertama di JI.Raya Tarum Barat no.46 Kalimalang Jakarta Timur pada tahun 1996.

Tahun 2000, menambah gerainya kedua di Tangerang Selatan, setelah bersama seluruh tim berjuang menghadapi luluh lantahnya kondisi RIOT 1998. Dan terus bertam bah gerainya ketiga di Sidorjo tahun 2004, dan kemudian di Malang dan Bandung tahun 2007, pembukaan gerai terus berlanjut karena begitu besar animo masyarakat dalam menerima kehadiran Depo Bangunan dalam melayani pemenuhan kebutuhan Bahan Bangunan.

Denpasar tahun 2011, Bogor tahun2013, Bekasi tahun 2018 dan Bandar Lampung tahun 2019. Pengembangan terhenti karena datangnya Pandemi Covid-19, baru pada tanggal 22 Novem ber 2021, Perusahaan membuka gerai baru di Jember Jawa Timur. Dan akan berlanjut terus, terutama didukung permodalan yang semakin kuat dengan adanya IPO ini.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here