Sosialisasi Pembentukan dan Evaluasi Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kota Pagaralam oleh Kemenkumham Sumsel

0
65

(Vibizmedia – Sumsel) Humas_Pagaralam – Kamis, 25 November 2021. Salah satu tujuan program dan kegiatan Kementerian/ Lembaga dalam mendukung prioritas Presiden adalah memberdayakan masyarakat untuk sadar hukum dan hak asasi manusia mengingat masih rendahnya kesadaran hukum masyarakat sehingga perlu diberikan penyuluhan hukum agar masyarakat cerdas hukum.

Penyuluhan hukum merupakan bagian dari pembangunan hukum di bidan budaya hukum sebagai salah satu elemen penting dalam sistem hukum nasional. Oleh karena itu pula, seluruh aktivitas yang terkait dengan kegiatan penyuluhan hukum harus mengacu kepada kebijakan pembangunan hukum yang ada.

Dalam rangka memberdayakan masyarakat untuk sadar hukum, perlu dibentuk wadah yang berfungsi menghimpun warga masyarakat yang dengan kemauannya sendiri berusaha untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi dirinya, yang disebut Kelompok Keluarga Sadar Hukum disingkat Kadarkum.

Kelompok Kadarkum ini menjadi salah satu wadah pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran hukum atas kemauannya sendiri. yang kemudian kelompok keluarga sadar hukum ini akan menjadi desa/kelurahan binaan dan bisa menjadi Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

Tujuan diadakannya kegiatan ini, untuk menjelaskan Prosedur penetepan pembentukan, pembinaan desa/kelurahan binaan sampai menjadi Desa/Kelurahan Sadar Hukum, sehingga diharapkan kedepannya di Kota Pagar Alam  mempunyai Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia serta memperoleh Penghargaan Anubhawa Sasana Desa atau Anubhawa Sasana Kelurahan.

Narasumber dari Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Sumsel, Asnedi, SH., MH. (Penyuluh Hukum Ahli Madya), Ahmad Fuad, SH.(Penyuluh Hukum Ahli Madya), MSi, Sopiyan, SH., MH (Penyuluh Hukum Ahli Muda) dan Rinaldi Wijaya, SH (Penyuluh Hukum Ahli Pertama).

Sumber : Humas Kemenkumham Sumsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here