Kementerian Hukum dan HAM DIY Musnahkan 23.393 Arsip Fasilitatif dan Arsip Substantif

0
79

(Vibizmedia – Jogja) YOGYAKARTA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY memusnahkan 23.393 arsip fasilitatif dan arsip substantif. Pemusnahan arsip ini menjadi yang pertama kalinya dilaksanakan di Kanwil Kemenkumham DIY.

Kegiatan pemusnahan arsip secara simbolis dilaksanakan di Ruang Rapat Kanwil Kemenkumham DIY, Jumat (3/12/2021). Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Budi Argap Situngkir menjelaskan bahwa kegiatan pemusnahan arsip ini merupakan salah satu Target Kinerja B12 Kanwil Tahun 2021 dan bertujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan tata kearsipan yang tertib dan teratur sesuai dengan kaidah dan norma yang ada dan sesuai dengan Jadwal Retensi Arsip.

“Pemusnahan Arsip adalah kegiatan memusnahkan arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna dan telah melampaui jangka waktu penyimpanan. Perlu kami sampaikan bahwa kegiatan pemusnahan arsip ini merupakan kali pertama dilakukan di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta,” jelas Budi Situngkir.

Sebanyak 23.393 arsip yang dimusnahkan terdiri atas 8.777 berkas arsip substantif Divisi Pemasyarakatan, 3.219 berkas arsip substantif Divisi Keimigrasian, 685 berkas arsip substantif Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, dan 10.712 berkas arsip fasilitatif Divisi Administrasi. Budi Situngkir berharap kegiatan ini bisa menjadikan pengelolaan arsip di Kanwil Kemenkumham DIY semakin baik.

Sumber : Humas Kemenkumham Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here