Produk Ramah Lingkungan UMKM Indonesia Dipamerkan di Expo 2020 Dubai

0
71
Paviliun Indonesia di_Dubai (Foto: Humas Kemendag)

(Vibizmedia – Economy & Business) Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab, masih berlangsung hingga 31 Maret 2022. Indonesia yang ikut ambil bagian di Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai ini memamerkan aneka produk lokal UMKM Indonesia yang ramah lingkungan.

Disebut ramah lingkungan karena produk-produk tersebut diproduksi oleh masyarakat Indonesia yang memiliki kepedulian tinggi terhadap isu lingkungan, seperti bahan daur ulang.

Produk-produk ini merupakan hasil dari para pemenang Good Design Indonesia (GDI) yang memanfaatkan bahan baku dari rumput, bambu, dan limbah kayu yang disulap menjadi produk yang unik dan bermanfaat.

Sebagai misal adalah kontainer yang terbuat dari anyaman rumput purun danau. Ada juga limbah kayu yang disulap menjadi sebuah pensil yang dikombinasikan dengan timah, sehingga ketika digunakan, pensil ini tidak akan mudah pecah.

“Gelaran Expo 2020 Dubai telah membuka kesempatan untuk para pelaku usaha Indonesia memamerkan aneka produk lokal yang tidak kalah saing dengan produk-produk luar. Apalagi aneka produk lokal yang dipamerkan menggunakan bahan baku ramah lingkungan sehingga kita dapat menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia dapat tetap berinovasi dengan kekayaan alamnya yang melimpah tanpa harus merusak lingkungan,” tutur Didi Sumedi, Komisioner General Paviliun Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/12/2021).

Expo 2020 Dubai merupakan salah satu pintu untuk para pelaku bisnis Indonesia yang terlibat dalam penganugerahan GDI agar dapat memperkenalkan desain produknya yang luar biasa.

Kesempatan ini sekaligus dapat merangsang para pelaku bisnis untuk mengembangkan produknya, baik meningkatkan nilai komersil produk hingga dapat meningkatkan peluang ekspor.

Hasil seleksi GDI yang dipamerkan di Rolling Exhibition Paviliun Indonesia adalah produk-produk fesyen, home décor, juga alat-alat elektronik.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here