Resmikan Bandara Tebelian Sintang, Presiden: Pembangunan Infrastruktur Indonesia Sentris

0
101

Mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Barat, Presiden Joko Widodo meninjau sekaligus meresmikan Bandar Udara Tebelian di Kabupaten Sintang yang dibangun dengan anggaran Rp518 miliar, pada Rabu, 8 Desember 2021.

“Bandara ini sangat penting untuk melayani peningkatan kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat dan melayani arus pergerakan orang yang makin ramai,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi menjelaskan Bandara yang mampu melayani sekitar 75 ribu penumpang per tahun ini adalah konektivitas dan kunci di era kompetisi antarnegara yang makin sengit. Untuk itu, pemerintah harus mampu membuat konektivitas antarprovinsi, antardaerah, antarkabupaten makin mudah dan lancar, terjangkau oleh masyarakat, sehingga sentra-sentra ekonomi yang baru akan tumbuh makin banyak di berbagai daerah.

“Kita patut bersyukur angka investasi tahun ini di luar Jawa makin meningkat dan lebih tinggi dibandingkan di Jawa dan peningkatan investasi di luar Jawa ini tidak lepas dari upaya kita dalam menyiapkan infrastruktur secara merata di seluruh penjuru Tanah Air,” jelasnya.

Presiden menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah tidak hanya berpusat di Jawa, tetapi Indonesia-sentris. Presiden meyakini bahwa daerah-daerah di luar Jawa bisa tumbuh dengan cepat jika didukung oleh infrastruktur konektivitas dan transportasi yang memadai.

“Sehingga produksi akan meningkat, distribusi akan lancar, menjangkau pasar yang makin besar dan luas, dan menekan waktu serta biaya sehingga biaya logistik menjadi makin efisien dan kompetitif,” terangnya.

MS/VM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here