Peringatan Hari HAM Sedunia 2021,Kemenkumham DIY Dorong Pelayanan Publik Berbasis HAM

0
71

(Vibizmedia – Jogja) YOGYAKARTA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti rangkaian acara Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia pada Jumat (10/12/21). Acara tersebut diikuti secara virtual dengan terpusat di Jakarta.

10 Desember merupakan momentum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadopsi Universal Declaration of Human Rights. Momen itu menjadi tonghak sejarah dalam perjuangan kesetaraan hak bagi seluruh manusia.

Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi menyampaikan bahwa Pemerintah melalui Kemenkumham telah konsisten melakukan upaya pemenuhan HAM dalam pelayanan publik.

“Kita akan memberikan 508 unit pelaksana teknis yang telah berhasil menyelenggarakan pelayanan publik berbasis HAM”, jelasnya.

Selanjutnya Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dalam sambutanya menyampaikan bahwa hakikatnya seluruh manusia dilahirkan dengan kesetaraan. Tidak ada diskriminasi bagi kaum kelompok rentan maupun minoritas.

” Kita akan berkomitmen terus mendorong pemenuhan HAM. Segala bentuk diskriminasi akan berusaha untuk dihilangkan dan kembali pada hakikatnya manusia itu sama derajatnya”, tegasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Budi Argap Situngkir di Daerah menyerahkan penghargaan kepada jajaran satuan kerja yang berhasil menyelenggarakan pelayanan publik berbasis HAM. Satuan kerja yang mendapat penghargaan tersebut adalah Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Lapas Kelas IIB Sleman, Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta, LPKA Kelas II Yogyakarta, Rutan Kelas IIA Yogyakarta, Rutan Kelas IIB Bantul, Rutan Kelas IIB Wates, Lapas Kelas IIB Wonosari, Bapas Kelas I Yogyakarta, Bapas Kelas II Wonosari, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, serta penghargaan untuk Kantor Wilayah sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here