Maksimalkan Pemberian Bantuan Hukum bagi Warga Miskin, Tim Pokjada Datangi OBH di Purworejo

0
82

(Vibizmedia – Jateng ) PURWOREJO – Dalam rangka kegiatan reakreditasi Pemberi Bantuan Hukum Tahun 2022-2024, Tim Pokjada Bantuan Hukum Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah kali ini mendatangi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang menjadi Organisasi Pemberi Bantuan Hukum (OBH) di Kabupaten Purworejo, Rabu (15/12).

Tim Pokjada berkesempatan mengunjungi Yayasan Adil Indonesia dan Lembaga Bantuan Hukum Sakti. Kelengkapan sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksanaan pemberian bantuan hukum diperiksa satu per satu sebagai bagian dari verifikasi faktual lapangan. Selain itu tim juga memeriksa dokumen perkara litigasi serta nonlitigasi setelah adanya addendum.

Selain melihat kondisi langsung kelengkapan sarana dan prasarana, Tim Pokjada juga menyampaikan hasil monev yang sudah dilakukan terhadap penerima bantuan hukum. Beberapa hal yang ditemukan dalam jalannya monev tersebut diharapkan dapat dijadikan bahan masukan untuk perbaikan pelayanan bantuan hukum yang diberikan.

Ada pun beberapa masukan yang menjadi catatan penting bagi tiap OBH antara lain perlunya menjalin komunikasi dengan penerima bantuan hukum agar dapat dilayani sebagaimana mestinya. Tak lupa Tim Pokjada selalu mengingatkan agar pelaksana pemberi bantuan hukum memperkenalkan diri ketika mendampingi penerima bantuan hukum agar penerima bantuan hukum juga mengetahui nama OBH dan advokat yang memberikan bantuan hukum.

Menanggapi hal tersebut, para OBH yang telah disambangi oleh Tim Pokjada sangat antusias menerima berbagai masukan yang telah diberikan dan berharap tahun selanjutnya dapat meningkatkan pelayanan bantuan hukum yang lebih baik lagi untuk masyarakat.

Sumber :  Humas Kemenkumham Jateng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here