Bandara I Gusti Ngurah Rai Siap Dukung KTT G20 Tahun 2022

0
200
Bandara I Gusti Ngurah Rai (Foto Infopublik)

(Vibizmedia – Nasional) Dukung kesuksesan perhelatan akbar antar bangsa, Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) di Bali pada akhir Oktober 2022 mendatang, bandara I Gusti Ngurah Rai – Bali terus berbenah.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi, Rabu (29/12/2021) mengatakan bahwa bandara I Gusti Ngurah Rai menjadi pintu gerbang utama dalam transportasi udara delegasi. Untuk itu pihaknya siap dukung penyelenggaraan KTT G20 2022.

“Kami menyiapkan alur khusus di terminal internasional dan domestik yang diperuntukkan bagi delegasi, baik saat kedatangan maupun keberangkatan, mengingat saat ini kita masih berada dalam situasi pandemi COVID-19. Protokol kesehatan ketat akan kami implementasikan pada saat penanganan kedatangan dan keberangkatan delegasi nanti,” ujar Faik Fahmi.

Gedung VIP disiapkan untuk delegasi VIP I, yaitu Presiden RI, para kepala negara, serta kepala pemerintahan negara peserta KTT. Juga untuk delegasi VIP II yang terdiri dari pejabat negara setingkat menteri negara peserta KTT. Di gedung VIP, telah disiapkan mekanisme pemeriksaan kesehatan, imigrasi, dan bea cukai. AP I juga telah mengalokasikan parking stand untuk tempat parkir khusus pesawat kenegaraan yang akan ditumpangi oleh delegasi VIP.

Untuk entry point lainnya, disediakan tiga titik yaitu melalui terminal internasional, terminal domestik, dan terminal General Aviation. Untuk kelancaran arus kedatangan delegasi akan disediakan personal helper.

Delegasi luar negeri akan menjalani sejumlah pemeriksaan kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), yaitu pemeriksaan kelengkapan dokumen kesehatan syarat penerbangan, RT-PCR, serta pemeriksaan kesehatan lanjutan jika diperlukan. Delegasi yang dinyatakan sehat akan memasuki area imigrasi, baggage claim, bea cukai, dan holding area sebelum menuju ke area penjemputan.

Untuk kedatangan melalui terminal kedatangan domestik, delegasi akan menjalani pemeriksaan kesehatan melalui thermo scanner dan pemeriksaan dokumen kesehatan syarat penerbangan oleh KKP. AP I bersama stakeholder terkait.

Pihak AP I berkomitmen untuk memberikan impresi yang baik bagi Indonesia, serta memberikan layanan unggul yang menampilkan keramahtamahan khas Indonesia.

Bandara I Gusti Ngurah Rai – Bali dilengkapi runway dengan dimensi 3.000 x 45 meter, 47 parking stand (36 untuk pesawat narrow body dan 11 untuk pesawat wide body) di apron utara, 16 parking stand untuk pesawat narrow body di apron sisi selatan. Terminal internasional seluas 126.205 m2, terminal domestik seluas 67.884 m2, gedung VIP, General Aviation Terminal (GAT), boarding pass scanner, autogate imigrasi, serta kios check-in mandiri.

Semua fasilitas ini sangat membantu dalam penanganan delegasi peserta KTT G20 Tahun 2022, baik delegasi VVIP, VIP, maupun delegasi biasa.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here