Covid-19: Omicron Dapat Menyebabkan Israel ke Herd Immunity, Kata Pejabat Kesehatan Israel

0
41
Ilustrasi kedatangan penumpang rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta. FOTO: ANGKASA PURA 2

(Vibizmedia-Nasional) Seperti dilansir Reuters, Israel dapat mencapai Herd Immunity di tengah melonjaknya infeksi Omicron, kata pejabat tinggi kesehatannya pada hari Minggu (2 Januari 2022).

Varian Omicron yang sangat menular telah menyebabkan gelombang kasus virus corona di seluruh dunia. Infeksi di seluruh dunia telah mencapai rekor tertinggi, dengan rata-rata lebih dari satu juta kasus terdeteksi setiap hari antara 24 dan 30 Desember, menurut data Reuters.

Jumlah angka kematian, bagaimanapun, belum meningkat, hal ini membawa harapan varian baru kurang mematikan . Kasus harian di Israel diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi dalam tiga minggu mendatang.“Angka (infeksi) harus sangat tinggi untuk mencapai Herd Immunity,” Nachman Ash, direktur jenderal Kementerian Kesehatan, mengatakan kepada 103 FM sebuah Radio Di Israel.“

Kepala Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Kementerian Kesehatan Salman Zarka mengatakan, herd immunity masih jauh dari terjamin, karena pengalaman selama dua tahun terakhir menunjukkan beberapa pasien Covid-19 yang sembuh kemudian terinfeksi kembali.

Herd Immunity adalah titik di mana suatu populasi dilindungi dari virus, baik melalui vaksinasi atau oleh orang-orang yang telah mengembangkan antibodi dengan tertular penyakit.

Sekitar 60 persen dari 9,4 juta penduduk Israel telah divaksinasi sepenuhnya – hampir semuanya dengan vaksin Pfizer / BioNTech – menurut Kementerian Kesehatan, yang berarti mereka telah menerima tiga dosis atau baru-baru ini mendapatkan dosis kedua.Tapi ratusan ribu dari mereka yang memenuhi syarat untuk inokulasi ketiga sejauh ini belum mengambilnya.

Sekitar 1,3 juta kasus virus corona telah didokumentasikan di Israel sejak awal pandemi. Tetapi antara dua hingga empat juta orang mungkin terinfeksi pada akhir Januari ketika gelombang Omicron bisa mereda, menurut Eran Segal, ilmuwan data di Weizmann Institute of Science dan penasihat pemerintah.

Selama 10 hari terakhir, infeksi harian meningkat lebih dari empat kali lipat. Kasus yang parah juga meningkat tetapi pada tingkat yang jauh lebih rendah, meningkat dari sekitar 80 menjadi sekitar 100.

Di Jerman, kepala asosiasi dokter rumah sakit senior negara itu mengatakan bahwa varian Omicron dapat mengurangi tekanan pada sistem kesehatannya jika ternyata menghasilkan penyakit yang lebih ringan, meskipun infeksi meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here