Peta Sebaran Indeks Kebahagiaan menurut Provinsi Tahun 2021

0
287
Ilustrasi anak-anak Indonesia. FOTO: KIP SETWAPRES

(Vibizmedia – Nasional) Rata-rata Indeks Kebahagiaan penduduk Indonesia pada tahun 2021 adalah sebesar 71,49 pada skala 0 sampai 100, meningkat 0,8 poin dari tahun 2017. Berdasarkan gambar di atas, diketahui sebaran nilai Indeks Kebahagiaan di Indonesia cenderung bervariasi antar provinsi. Maluku Utara, Kalimantan Utara dan Maluku secara berturut-turut merupakan provinsi dengan nilai Indeks Kebahagiaan tertinggi di Indonesia tahun 2021, dengan nilai Indeks Kebahagiaan berkisar antara 76,28 sampai dengan 76,34 poin. Sementara itu Provinsi Banten, Bengkulu dan Papua secara berturut turut merupakan provinsi dengan nilai Indeks Kebahagiaan terendah di Indonesia tahun 2021.

Apabila sebaran nilai Indeks Kebahagiaan dilihat berdasarkan pulau-pulau yang ada di Indonesia, sebaran nilai Indeks Kebahagiaan di Pulau Sumatera cenderung bervariasi, nilai Indeks Kebahagiaan tertinggi di Pulau Sumatera adalah Provinsi Jambi (75,17 poin) sedangkan nilai Indeks Kebahagiaan terendah di Pulau Sumatera adalah Provinsi Bengkulu (69,74 poin). Sementara itu, sebaran nilai Indeks Kebahagiaan di Pulau Jawa cenderung homogen dengan nilai Indeks Kebahagiaan berkisar antara 70,68 hingga 71,80 poin, kecuali Provinsi Banten yang memiliki nilai Indeks Kebahagiaan terendah di Indonesia (68,08 poin).

Sebaran nilai Indeks Kebahagiaan di Pulau Kalimantan juga cenderung bervariasi, dengan sebaran nilai cukup tinggi dibandingkan nilai nasional berkisar antara 72,37 hingga 76,28 poin, dengan Provinsi Kalimantan Utara sebagai provinsi yang memiliki nilai Indeks Kebahagiaan tertinggi (76,28 poin). Sementara itu, nilai Indeks Kebahagiaan di Pulau Bali dan Nusa Tenggara juga cenderung homogen, dengan sebaran nilai cukup rendah dibandingkan nilai nasional berkisar antara 69,98 hingga 71,44 poin.

Provinsi-provinsi yang berada Pulau Sulawesi juga memiliki nilai Indeks Kebahagiaan yang cenderung homogen, dengan sebaran nilai cukup tinggi dibandingkan nilai nasional berkisar antara 72,49 hingga 74,78 poin, dengan Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki nilai Indeks Kebahagiaan tertinggi (74,78 poin). Sementara itu, nilai Indeks Kebahagiaan di Pulau yang berada di wilayah timur Indonesia yaitu Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua juga cenderung bervariasi, dengan sebaran nilai cukup tinggi dibandingkan nilai nasional berkisar antara 74,46 hingga 76,33 poin. Namun Provinsi Papua memiliki nilai Indeks Kebahagiaan yang rendah dibandingkan nilai nasional dengan nilai 69,87 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here