Tingkatkan Ekonomi Masyarakat di Daerah Kepulauan dan Pesisir, Wapres Minta Peran Aktif Aspeksindo

0
97
Wapres K.H. Ma'ruf Amin saat menerima audiensi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) Andi Harun beserta jajarannya di Istana Wapres, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 6, Jakarta Pusat, Rabu (19/01/2021). (Foto: KIP SETWAPRES)

(Vibizmedia – Jakarta) Pemerintah sedang berupaya untuk menjadikan Indonesia menjadi poros maritim dunia. Untuk mewujudkannya, diperlukan dukungan berbagai pihak, salah satunya Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan Dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) dalam pengembangan perekonomian di wilayah kepulauan dan pesisir di seluruh Indonesia.

“Saya minta Aspeksindo untuk aktif berperan dan mengambil langkah strategis dalam mengoptimalkan potensi besar [kekayaan laut],” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat menerima audiensi Ketua Umum Aspeksindo beserta jajaran di Kediaman resmi Wapres, Jl. Diponegoro
Nomor 2, Jakarta, Rabu (19/01/2022).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, peran strategis tersebut dapat dilakukan melalui pembangunan kemitraan yang baik antara pemerintah daerah kepulauan dan pesisir serta pemerintah pusat. Sehingga, kemitraan yng terjalin dapat mendukung terciptanya akselerasi peningkatan ekonomi masyarakat pesisir.

“Kolaborasi ini juga harus terus dan konsisten diharapkan mendorong percepatan peningkatan [ekonomi] masyarakat kepulauan dan pesisir,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wapres pun mencontohkan Manado sebagai salah satu daerah yang dinilai telah berhasil mengatasi permasalahan ekspor hasil laut berupa ikan tuna serta dapat mendorong daerah kepulauan dan pesisir lain agar terus berinovasi dan mencari solusi terhadap permasalahan yang ada.

“Saya pikir terobosan-terobosan seperti itu mungkin bisa dicari, cara-cara, pola-pola seperti itu yang dilakukan,” ungkap Wapres.

Menutup arahannya, Wapres berharap agar Aspeksido, sebagai organisasi yang berfokus dalam pengembangan daerah kepulauan dan pesisir, dapat terus memberikan kontribusi untuk menghasilkan rekomendasi-rekomendasi positif guna meningkatkan ekonomi masyarakat kepulauan dan pesisir.

“Selain itu, kontribusi Aspeksindo dibutuhkan untuk menghasilkan terobosan-terobosan serta solusi permasalahan dalam pengelolaan perairan Indonesia,” pungkas Wapres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here