Tingkatkan Kemampuan Bangsa, Wapres Dorong Penguatan Kolaborasi dan Inovasi

0
345
Wapres K.H. Ma’ruf Amin saat menghadiri Peringatan Hari Lahir Nahdlatul Ulama ke-96, Senin (31/01/22). (Foto: KIP SETWAPRES)

(Vibizmedia – Balikpapan) Menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing menjadi fokus pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia Maju. Masyarakat dituntut untuk terus meningkatkan kapasitasnya seiring disrupsi informasi dan kemajuan teknologi. Untuk itu, pemerintah mendorong penguatan kolaborasi dan inovasi dalam rangka upaya meningkatkan kualitas kemampuan masyarakat.

“Teruslah meningkatkan kemampuan, lahirkan gagasan-gagasan inovatif, dan perkuat kolaborasi dengan berbagai elemen bangsa,” ucap Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat memberikan ucapan Peringatan Hari Lahir Nahdlatul Ulama ke-96, Senin (31/01/22).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, sebagai salah satu elemen bangsa, Nahdlatul Ulama memiliki potensi besar dalam menyukseskan kolaborasi dan imovasi, bukan hanya di tingkat nasional namun juga tingkat global.

“Potensi Nahdlatul Ulama sangat besar dan harus dioptimalkan, baik di tingkat nasional maupun global. Potensi tersebut harus bisa menjadi kekuatan dalam rangka pengabdian kepada agama, bangsa, dan negara,” ujarnya.

Di sisi lain, ungkap Wapres, Nahdlatul Ulama sebagai organisasi masyarakat muslim diharapkan mampu memperkuat peranannya di dalam menjaga kerukunan dan persatuan bangsa melalui narasi kerukunan yang disampaikan dalam dakwahnya.

“Nahdlatul Ulama harus dapat memperkokoh perannya. Nahdlatul Ulama harus terus menjadi simpul pengunci ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah di negara kita tercinta,” tegas Wapres.

“Nahdlatul Ulama harus terus menjadi yang terdepan dalam upaya mempromosikan nilai-nilai Islam wasathiyah, menguatkan sumber daya manusia Indonesia yang berakhlak mulia, ber-akhlakul karimah, dan memberdayakan ekonomi umat,” tambahnya.

Menutup ucapannya, Wapres berpesan agar Nahdlatul Ulama dapat terus menebarkan optimisme dan menjadi sumber semangat bagi masyarakat Indonesia dalam menghadapi segala tantangan, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Jadilah pancaran optimisme bagi seluruh masyarakat Indonesia. Bahwa insya Allah kita bisa melewatinya dengan baik. Saya ucapkan selamat hari lahir Nahdlatul Ulama ke-96 Masehi dan ke-99 Hijriah,” pungkas Wapres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here