Dukung KSPN Danau Toba, Kemenhub Bangun 13 Pelabuhan Penyeberangan

0
260
Danau Toba, Sumatera Utara. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Dukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Danau Toba, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membangun 13 pelabuhan penyeberangan yang tersebar di 7 (tujuh) kabupaten di Sumatera Utara (Sumut).

Tujuh diantara sudah selesai dan tinggal menunggu peresmian yaitu: Kabupaten Toba (4 pelabuhan), Kab. Samosir (4 pelabuhan), Kab. Simalungun (1 pelabuhan), Kab. Tapanuli Utara (1 pelabuhan), Kab. Humbang Hasundutan (1 pelabuhan), Kab. Karo (1 pelabuhan), dan Kab. Dairi (1 pelabuhan).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Selasa (1/2/2022) berkesempatan meninjau sejumlah pelabuhan penyeberangan yang telah dibangun yaitu: Baktiraja, Muara, dan Balige dengan menggunakan helikopter, serta meninjau kesiapan peresmian tujuh pelabuhan dan empat kapal penyeberangan yang akan dipusatkan di Pelabuhan Penyeberangan Ajibata, Kabupaten Toba pada Rabu (2/2/2022) yang rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

“Pelabuhan-pelabuhan penyeberangan ini dibangun dengan arsitektur kearifan lokal di daerah Danau Toba. Keberadaan pelabuhan ini diharapkan akan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Danau Toba dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba dan sekitarnya,” jelas menhub Budi Karya.

Kemenhub juga telah membangun sarana kapal penyeberangan yang juga akan diresmikan bersamaan dengan tujuh pelabuhan penyeberangan tersebut. Sebanyak empat kapal akan diresmikan yaitu: dua unit bus air yaitu Asa-Asa dan Jurung-Jurung, serta dua unit kapal motor penyeberangan (KMP) yaitu Kaldera Toba dan Pora-Pora. Keberadaan kapal ini melengkapi satu unit kapal yang telah diresmikan yaitu KMP Ihan Batak.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani
Foto:Kemenhub

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here