Revitalisasi Kawasan Budaya di Samosir Didukung Tenaga Lokal

0
133
Revitalisasi Kawasan Budaya Samosir (Foto: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

(Vibizmedia – Nasional) Revitalisasi kawasan budaya di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) yaitu rumah adat di Kampung Hutaraja dan Kampung Huta Siallagan terus dilakukan.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti menyampaikan bahwa proses revitalisasi tersebut melibatkan tenaga konstruksi lokal. Hal ini berdampak meningkatkan kualitas tenaga kontruksi lokal di daerah tersebut ke depannya.

“Sekaligus menjadi workshop atau media latihan bagi tukang-tukang lokal,” kata Diana Kusumastuti melalui siaran pers, Kamis (3/2/2022).

Meningkatnya kemampuan para tenaga kontruksi lokal tersebut, tentunya akan berpengaruh terhadap pemeliharaan dua situs cagar budaya itu. Dapat dipastikan kondisi dua cagar budaya tersebut akan terawat di masa mendatang, karena rasa memiliki dari masyarakat setempat yang ikut melakukan revitalisasi menjadi makin tinggi.

“Memelihara keberlanjutan tradisi dan keahlian yang unik ini serta mendapatkan upah kerja sehingga meningkatkan perekonomian saat pandemi COVID-19,” terang Diana.

Dengan adanya pembangunan kedua situs ini diharapkan mampu meningkatkan daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Sehingga, kedua cagar budaya itu dapat menjadi salah satu penopang pariwisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

“Mudah-mudahan dengan adanya penataan ini bisa menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Ini salah satu program untuk mendukung DPSP Danau Toba,” pungkas Dirjen Diana Kusumastuti.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani
Foto:Kementerian PUPR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here