Kemenkumham Sumsel Buka Rakernis Pemasyarakatan Tahun 2022

0
314

(Vibizmedia – Sumsel) HUMAS, Palembang – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melalui Divisi Pemasyarakatan menggelar Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Tahun 2022 di Ballroom Hotel Aryaduta, (3/2). Rakernis Pemasyarakatan Tahun 2022 ini mengusung tema “Back To Basic dan Evaluasi Kinerja Guna Meminimalisir Gangguan Keamanan dan Ketertiban di UPT Pemasyarakatan”.

Kegiatan diawali dengan Laporan Penyelenggaraan Kegiatan dari Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi (Pudjiono Gunawan) selaku Ketua Panitia dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel (Indro Purwoko) sekaligus membuka kegiatan secara langsung. Dalam sambutannya Kakanwil menyampaikan bahwa Rakernis Pemasyarakatan ini dilaksanakan untuk memberikan penguatan pemahaman atas Back To Basic serta evaluasi terhadap gangguan kamtib, yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran seluruh jajaran akan pentingnya mengembalikan nilai-nilai yang hilang dari sistem pemasyarakatan yang seharusnya serta mengevaluasi kembali kualitas layanan pemasyarakatan yang diberikan.

“Program Back To Basic sendiri telah mulai kita terapkan bersama khususnya dilingkungan Lapas/Rutan jajaran kanwil Sumatera Selatan yang meliputi pelayanan tahanan, pembinaan Narapidana, Pembimbingan Klien, Kamtib, Perawatan Kesehatan, dan Pengelolaan Basan Baran,” ungkap Kakanwil.

Lebih lanjut Kakanwil mengimbau seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan untuk melakukan langkah-langkah antisipatif untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang kerap dihadapi Lapas/Rutan, yakni melakukan deteksi dini terhadap gangguan kamtib, memberantas narkoba, dan melakukan sinergi yang baik dengan aparat penegak hukum terkait maupun teman-teman media.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran dan partisipasi aktif dari seluruh peserta  meskipun harus dengan protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19 yang masih tinggi ini. Besar harapan saya seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” tutup Kakanwil.

Kegiatan dilanjutkan penyampaian materi dari Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan  (Abdul Aris) dan masing-masing narasumber.Turut hadir dalam Rakernis tersebut para Pimpinan Tinggi Pratama serta Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Sumber: (Humas Kanwil Sumsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here