Penghargaan “The Voice of Customer” dari ACI untuk 13 Bandara Indonesia

0
448
Penghargaan The Voice of Customer dari ACI untuk 13 Bandara Indonesia (Foto: AP I)

(Vibizmedia – Nasional) Airport Council International (ACI) memberikan penghargaan kepada PT Angkasa Pura/AP I sebagai “The Voice of Customer” untuk 13 bandara di Indonesia yang dikelolanya. Penghargaan diterima oleh Direktur Utama AP I, Faik Fahmi pada Senin (14/2/2022).

Adapun 13 bandara AP I yang memperoleh pengakuan tersebut adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Lombok Praya, Bandara El Tari Kupang, Bandara Pattimura Ambon, dan Bandara Frans Kaisiepo Biak.

“Pandemi telah menyebabkan perubahan substansial dalam perilaku manusia dan memancing ekspektasi yang baru soal bagaimana produk dan servis seharusnya dirasakan, mulai dari memprioritaskan kesehatan hingga peningkatan digitalisasi seperti touchpoint tanpa sentuh. The Voice of Customer menyoroti komitmen yang dilakukan oleh bandara-bandara untuk memahami kebutuhan pelanggan yang terus berkembang dalam waktu yang penuh tantangan ini,” kata Director General ACI World, Luis Felipe de Oliveira.

Berbagai inovasi pelayanan AP I di masa pandemi COVID-19, tersebut antara lain:

– Virtual Customer Service.

Layanan petugas customer service yang tidak berhadapan langsung secara fisik dengan pengguna jasa bandara, namun melalui perangkat layar monitor, yang ditempatkan secara terpusat di Airport Operation Control Center (AOCC) dengan fasilitas layanan menggunakan teknologi teleconference.

– Boarding Pass Scanner.

Fasilitas baru yang dihadirkan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk meminimalisir kontak fisik dan memberikan kemudahan bagi penumpang untuk dapat secara otomatis melakukan pemindaian boarding pass penumpang tanpa harus mengantri di tempat scanning manual.

– Premium Airport Special Service atau PASS.

Merupakan salah satu bentuk inovasi layanan melalui penciptaan customer experience terbaik. Layanan PASS meliputi layanan meet and assist service, check-in assistant, baggage handling, escorting custom imigration and quarantine, dan juga terdapat layanan tambahan berupa executive lounge service untuk penerbangan Domestik PASS, International PASS, dan Connecting PASS.

– Microsite Informasi COVID-19.

Merupakan inovasi AP I yang menyediakan layanan informasi regulasi penerbangan terbaru berbasis website untuk memudahkan calon penumpang untuk mengetahui persyaratan penerbangan terkini.

– Airport Health & Vaccination Center.

Merupakan layanan pemeriksaan Rapid Test COVID-19 dan vaksinasi yang disediakan oleh AP I di bandara untuk mengakomodir kebutuhan pengguna jasa.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: AP I