Pertama Kalinya Indonesia Ekspor Fortuner ke Australia

0
356
Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran ekspor 2 juta unit Toyota di Karawang, pada Selasa, 15 Februari 2022. FOTO: BPMI

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo meluncurkan ekspor perdana mobil Toyota Fortuner ke Australia bersamaan dengan peluncuran pelepasan 2 juta unit, dari pabrikan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Karawang, Jawa Barat, pada Selasa, 15 Februari 2022.

“Pada pagi hari ini saya luncurkan pelepasan ekspor 2 juta unit oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan ekspor perdana Fortuner ke Australia,” ungkap Presiden dalam acara peluncuran ekspor tersebut yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden.

Menurut Presiden, justru pandemi membuka jalan Indonesia bisa mengambil peluang dan kesempatan yang ada, baik itu mengambil pasar pasar baru, yang peluang itu hari ini telah terbukti di ambil kesempatan itu dengan baik oleh PT Toyota Motor Manufacturing dengan ekspor perdananya ke Australia.

Sampai dengan saat ini, berdasarkan data yang dimilikinya, Indonesia telah mengekspor mobil ke hampir 80 negara di 4 benua, yaitu Amerika, Afrika, Asia, dan Australia.

“Dan banyak komponen, banyak sparepart dan juga aksesoris-aksesoris yang ada di dalam mobil itu disuplai dari industri industri UKM kita, ini juga sangat baik untuk menghidupkan usaha-usaha kecil yang ada di negara kita,” jelasnya.

Presiden menegaskan melalui ekspor tersebut membuktikan SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang sangat baik.

“Ini membuktikan SDM-SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang baik dalam memproduksi mobil. Sangat teliti, sangat cermat, sangat hati-hati karena ini menyangkut keselamatan orang,” tegasnya.