Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Kalimantan Tengah Laksanakan Rapat Pemeriksaan Terhadap Notaris

0
215

(Vibizmedia – Kalteng) Palangka Raya – Bertempat di Aula Barito Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) Kalimantan Tengah menyelenggarakan rapat guna menindaklanjuti permintaan pemeriksaan atau permintaan keterangan terhadap salah satu Notaris di Kota Palangka Raya oleh Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah dalam rangka pengumpulan bahan keterangan pada proses penyidikan perkara dugaan pelanggaran jabatan dan kode etik notaris. Rapat Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Kalimantan Tengah yang dilaksanakan pada hari ini dipimpin oleh Ketua MKN Wilayah Kalimantan Tengah Dr. Ilham Djaya, S.H., M.H., M.Pd., dihadiri pula oleh Dr. Khantsa Fikni, S.H., M.H. dan AKP. Tugiyo, S.H., sebagai  anggota serta turut hadir Kepala Sub Bidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum Anggun Prasetyo, S.H., M.H, Jumat (18/02/2022).

Notaris memiliki kewenangan untuk membuat akta otentik serta memiliki wewenang dalam pembuatan perjanjian serta penetapan yang diwajibkan bagi yang berkepentingan yang dinyatakan dalam akta otentik. Dalam pelaksanaan tugas dan kewenangannya, apabila terjadi permasalahan hukum maka untuk pemeriksaannya harus mendapat persetujuan/ izin dari Majelis Kehormatan Notaris. Majelis Kehormatan Notaris memiliki kewenangan untuk memberikan persetujuan atau penolakan terhadap permohonan persetujuan pemanggilan Notaris untuk hadir dalam penyidikan, penuntutan, dan proses peradilan. Majelis Kehormatan Notaris Wilayah wajib memberikan jawaban terhadap permohonan tersebut dalam jangka waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung sejak diterimanya permohonan.

Rapat yang hari ini dilaksanakan merupakan tindak lanjut atas surat yang telah dikirimkan Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah setelah sebelumnya surat dengan substansi yang sama telah ditindaklanjuti dan menghasilkan rekomendasi yang telah dikirimkan pula kepada Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah. Pelaksanaan rapat ini merupakan wujud keseriusan bahwa MKN Wilayah Kalimantan Tengah selalu serius dalam menindaklanjuti setiap perkara yang melibatkan Notaris yang berada dibawah wewenang MKN Wilayah Kalimantan Tengah. (Reddok, Humas Kalteng – HF, Februari 2022).

Sumber : Humas Kemenkumham Kalteng