Pemda di Sekitar IKN Berpeluang Menarik Investor

0
466
Lokasi Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur (Foto: BPK RI Provinsi Kalimantan Timur)

(Vibizmedia – Nasional) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian mengimbau pemerintah daerah (Pemda) di sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara agar dengan kreatif memanfaatkan peluang menarik investor. Hal tersebut disampaikan oleh Mendagri Tito melalui keterangan tertulisnya, Kamis (17/2/2022).

“Misalnya membangun enclave atau daerah kantong di Penajam Paser Utara, di situ one stop service ada restoran, ada malnya, ada tempat penginapan yang menarik (dan) ramah lingkungan, sehingga orang yang mau ke IKN dia ke sana,” kata Mendagri.

Toto menghimbau agar pemda dapat menyusun grand design yang berisi rencana pembangun, baik berupa jangan pendek, sedang, maupun panjang sesuai kebutuhan masing-masing daerah. Upaya  menarik para investor itu, perlu dilakukan oleh pemda di samping tentu saja pemerintah pusat juga membantu pembangunan di daerah sekitar IKN. Misalnya dukungan penyediaan jaringan listrik, infrastruktur jalan, dan kebutuhan lainnya.

“Pemda juga tetap perlu membuat sistem yang mampu menarik investor,” ujar Tito.

Mendagri memprediksi, nantinya, akan banyak investor yang masuk ke daerah sekitar IKN seperti Kabupaten Penajam Paser utara, Kota Samarinda, dan daerah sekitar lainnya. Menurut Tito, daerah di sekitar IKN akan dikunjungi oleh berbagai pihak, baik untuk urusan pemerintahan, swasta, termasuk tamu dari berbagai negara.

“Semua nanti akan berkepentingan ke sini ke IKN, nah itu dampaknya luar biasa,” pungkas Mendagri Tito.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani