Presiden Jokowi Lantik Arief Prasetyo Adi Jadi Kepala Badan Pangan Nasional

0
357
Presiden Joko Widodo melantik Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 21 Februari 2022. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo melantik Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 21 Februari 2022. Pelantikan tersebut bersamaan dengan pelantikan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional.

Arief Prasetyo Adi dilantik sebagai Kepala Badan Pangan Nasional Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7/M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala Badan Pangan Nasional

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengambil sumpah jabatan Kepala Badan Pangan yang dilantik.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian Presiden mendiktekan sumpah jabatannya.

Arief Prasetyo Adi menjelaskan bahwa kegiatan yang akan dilakukan Badan Pangan Nasional ke depan yaitu melakukan sinergi dengan seluruh kementerian/lembaga, para pemangku kepentingan pangan, dan asosiasi baik peternak, nelayan, maupun petani.

“Tujuan mulia ini tidak akan bisa berhasil apabila hanya dikerjakan oleh Badan Pangan Nasional saja tentunya, sehingga hari ini mari kita bersatu untuk kemajuan masyarakat Indonesia,” ucap Arief.

Sebagai informasi, Bapanas telah dibentuk oleh Presiden Joko Widodo berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional. Bapanas nantinya akan menyelenggarakan tugas dan fungsi pemerintahan dalam mengelola 9 bahan pangan antara lain beras, jagung, kedelai, gula konsumsi, bawang, telur unggas, daging ruminansia, daging unggas, dan cabai.

Sebelumnya, Arief diangkat Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sejak 16 November 2020.