Jokowi Minta Jajarannya Tanggulangi Bencana secara Terpadu dan Sistematik

0
379
Presiden Joko Widodo. FOTO: BPMI

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo meminta jajarannya agar penanggulangan bencana dilakukan secara terpadu, secara sistematik dan rencana induk penanggulangan bencana tahun 2020-2044 harus dilaksanakan dengan penuh komitmen serta penuh tanggung jawab.

Menurutnya, Indonesia termasuk 35 negara yang paling rawan risiko bencana di dunia. Risiko kerugian akibat bencana tersebut juga berdampak besar baik dalam jumlah korban maupun kerugian material

“Hampir setiap hari ada bencana di beberapa wilayah di negara kita Indonesia,” kata Presiden Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana tahun 2022 yang mengangkat tema Meningkatkan Kolaborasi dan Integrasi dalam Mewujudkan Ketangguhan Bangsa Menghadapi Bencana di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu, 23 Februari 2022.

Untuk itu, dirinya meminta semua tahapan harus dilaksanakan secara disiplin dan konsisten, agar Indonesia menjadi bangsa yang tangguh.

“Indonesia harus menjadi bangsa yang tangguh terhadap bencana,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyampaikan apresiasinya kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang telah berdedikasi membantu masyarakat dalam menghadapi berbagai bencana termasuk Covid-19.