Pemerintah Libatkan Peran Generasi Muda Dalam Y20 Melalui Momentum Presidensi G20

0
292
(Photo: Kominfo)

(Vibizmedia-Nasional) Generasi muda telah disiapkan Pemerintah agar mampu merespons tren baru dalam pembangunan tersebut sekaligus menjawab tantangan global yang ada. Pemerintah melibatkan peran generasi muda dalam Engagement Groups Youth20 (Y20) melalui momentum Presidensi G20 Indonesia ini. Generasi muda diharapkan mampu menghadapi tantangan global saat ini seperti gejolak geo-politik, pandemi Covid-19, perubahan iklim, dan digitalisasi.

Peluncuran G20 Studies Center diresmikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan Universitas Pelita Harapan. Pendirian G20 Studies Center ini dilakukan karena G20 merupakan forum yang tepat untuk membangun dialog ide dan inovasi serta menjalin kerjasama antara civitas akademika dengan para pemangku kepentingan.

“G20 Studies Center ini dibentuk dengan tujuan untuk menghasilkan warisan pengetahuan bagi generasi mendatang. Saya bangga dan berterima kasih kepada kepada pimpinan Universitas Pelita Harapan, Fakultas Ilmu Politik dan Sosial, dan para eksekutif G20 Studies Center Indonesia yang akhirnya mewujudkan peluncuran ini,” Menko Airlangga sampaikan dalam acara peluncuran G20 Studies Center yang diselenggarakan secara virtual dari Jakarta Pusat, Jumat (25/02/2022).

Menko Airlangga juga mengatakan bahwa Indonesia melakukan pendekatan baru dengan berusaha memberikan hasil yang nyata, mendekatkan antara komunitas bisnis dengan pembuat kebijakan, dan memastikan koherensi dalam agenda yang dipromosikan oleh Working Groups dan Engagement Groups.

Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa Pemerintah akan bekerja secara inklusif dan kolaboratif untuk memajukan agenda yang relevan dengan semua yang sejalan dengan tema Presidensi G20 Indonesia yaitu Recover Together, Recover Stronger.

“Ke depan, saya yakin G20 Studies Center Indonesia ini dapat menjadi G20 Studies Center yang berbasis universitas pertama di Indonesia maupun di kawasan. Dan kami berharap G20 Studies Center ini juga dapat merespon studi geo-politik, geo-ekonomi baru di lingkungan pasca Covid-19. G20 Studies Center juga diharapkan dapat melibatkan dan menghadirkan para pakar global untuk mendukung Presidensi G20 Indonesia,” demikian disampaikan Menko Airlangga.