37 tahun Mengabdi, Toreh Prestasi Tinggalkan Legacy

0
251

(Vibizmedia – Sumsel) HUMAS, Palembang – Memasuki Maret 2022 ini, tepat 37 tahun Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Indro Purwoko mengabdi di bawah payung Pengayoman. Bertempat di Ballroom Aryaduta Palembang, digelar Serah Terima Jabatan dan Pengantar Purna Bhakti Kakanwil, Selasa (1/3).

Diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mars Kementerian Hukum dan HAM, acara menjadi lebih khidmat dan haru. Para Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah tampil menjadi saksi dalam acara Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Wilayah Sumatera Selatan tersebut. Menggantikan Kakanwil yang lama, tercatat Rifqi Adrian Kriswanto selaku Plt. Kepala Kantor Wilayah yang merupakan Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Acara pun dilanjutkan dengan penayangan Video Perjalanan Karir Indro Purwoko, mulai dari awal karir berkiprah sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di umur 23 tahun, hingga penghujung karirnya menjadi Kakanwil Kemenkumham Sumsel. Banyak sudah rekam jejak hidup yang ditayangkan, setiap potongan memiliki makna dan pesan bagi siapa yang melihat. Sepintas air mata sedih, haru, dan bangga mengalir di mata undangan. Momen perpisahan memang tak pernah berakhir bahagia, selalu ada cerita duka dibaliknya.

Segenap jajaran Pimpinan Tinggi Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan pun turut menyampaikan pesan dan kesannya. Diawali dari Kepala Divisi Pemasyarakatan (Dadi Mulyadi), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Siar Hasoloan Tamba), dan Kepala Divisi Keimigrasian (Herdaus). Pesan kesan mereka semuanya adalah mengucapkan terima kasih atas jasa dan perjuangan Indro Purwoko untuk Kanwil Kemenkumham Sumsel, sekaligus mengucapkan selamat purna bhakti. “Bapak Indro merupakan role model bagi kami. Kepiawaian dalam bertugas serta keteladanannya dalam memimpin sangat memotivasi kami dalam bekerja. Kami selalu mendoakan yang terbaik, semoga Bapak selalu sehat dan bahagia bersama keluarga,” ujar Kadiv Yankumham, Siar Hasoloan Tamba.

Selanjutnya, disampaikan kata perpisahan oleh Kakanwil lama, Indro Purwoko. “Terima kasih yang tak terhingga atas bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak internal maupun eksternal selama saya bertugas disini. Setiap keberhasilan yang telah diraih tak luput dari sinergitas yang telah kita jalin bersama. Setiap kesuksesan seseorang selalu ada peran penting dibelakangnya. Selalu ingat peran penting orang tersebut, yang dalam hidup saya, ada istri saya sendiri,” ujar Kakanwil penuh haru.

Berbagai prestasi pun telah banyak Indro torehkan selama menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan. Mulai dari Penghargaan BMN Awards sebagai Juara Pertama dalam Kategori Pengawasan dan Pengendalian BMN dari KPKNL Palembang selama 3 tahun berturut-turut, Satuan Kerja Terbaik dalam Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Temuan yang diberikan oleh Inspektorat Jenderal Kemenkumham, hingga penghargaan “Insan Pendidkan Kolaboratif Sumatera Selatan” kepada Bapak Indro Purwoko atas pelaksanaan Program Penyuluhan Hukum di lingkungan pendidikan.

Menutup tahun 2021 sekaligus menorehkan sejarah, Kantor Wilayah Sumatera Selatan dibawah kepemimpinan Indro Purwoko berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi yang dianugerahkan oleh Presiden RI melalui Kementerian PAN-RB. Tak hanya itu, sebagai instansi pembina Kanwil Kemenkumham Sumsel juga menghantarkan 4 satuan kerjanya meraih predikat WBK/WBBM. Capaian ini menjadikan Kanwil Kemenkumham Sumsel sebagai Kantor Wilayah terbanyak KEDUA yang berhasil memperoleh predikat WBK/WBBM pada satuan kerja Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Plt. Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Rifqi Adrian Kriswanto juga menyampaikan kata pengantarnya. “Kami mewakili seluruh jajaran menghaturkan permohonan maaf setulusnya jika selama pelaksanaan tugas ada perilaku tidak berkenan. Banyak sudah legacy yang bapak tinggalkan untuk Kanwil Kemenkumham Sumsel. Semoga Bapak selalu sehat, dan selamat memasuki purna bhakti,” tutur Rifqi.

Di akhir acara, Kakanwil lama Indro Purwoko meninggalkan tempat acara diiringi dengan sajian Pedang Pora.

Sumber : (Humas Kanwil Sumsel).