Bangun Sinergi dengan Pempov. Sulut, Kanwil Kemenkuham Sulut Gelar Rapat Pembahasan Nota Kesepakatan

0
360

(Vibizmedia – Sulut) MANADO (01/03) – Plt. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara (Jonny Pesta Simamora) didampingi oleh Kepala Divisi Keimigrasian (Junita Sitorus), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Ronald Lumbuun) beserta para pejabat administrator Kanwil Kemenkumham Sulut dan Pemerintah Provinsi Sulut mengadakan rapat pembahasan nota kesepakatan antara Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut dengan pemerintah provinsi Sulut tentang sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM di wilayah Provinsi Sulawesi Utara di Hotel Gran Puri Manado. Rapat yang dipimpin oleh Plt. Kakanwil tersebut diikuti oleh Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Flora Krisen) beserta jajaran. Hadir pula dalam rapat tersebut, Kepala Bagian Kerjasama Dalam Negeri Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerjasama Setjen Kemenkumham RI (Meidy Firmansyah) yang hadir secara virtual.

Rapat membahas mengenai isi kesepakatan antara Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulut dalam semua bidang baik yang berkaitan dengan administrasi, keimigrasian, pemasyarakatan serta pelayanan hukum dan HAM. Pada Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, kerjasama terkait pelayanan hukum umum, penyuluhan hukum, bantuan hukum, pembentukan produk hukum daerah, dan pemajuan dan pemenuhan HAM.

Pada Divisi Pemasyarakatan, kerjasama terkait perawatan kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan melalui Layanan Pemeriksaan Kesehatan, Bantuan Obat dan Perbekalan Kesehatan, Penyuluhan Kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, Peningkatan Kapasitas Keterampilan Tenaga Kesehatan Lapas/Rutan, dan Bantuan Tenaga Medis di Lapas/Rutan, serta Jaminan Kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan. Pada Divisi Keimigrasian, kerjasama terkait pemeriksaan dokumen Keimigrasian hingga penguatan kerjasama dan koordinasi Tim Pengawas Orang Asing.

Isi draft nota kesepakatan dibahas satu persatu dengan jajaran Pemerintah Provinsi Sulut dimulai dari pola kerjasama hingga substansi draft kesepakatan. Diharapkan sinergitas bersama Pemerintah Provinsi Sulut melalui Nota Kesepakatan ini menjadi langkah awal untuk meningkatkan tercapainya optimalisasi tugas dan fungsi serta meningkatkan koordinasi antar kedua belah pihak.

Suymber : Humas Kanwil Kemenkumham Sulut