Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gianyar Tahun 2022-2042 oleh Kemenkumham Bali

0
461

(Vibizmedia – Bali) DENPASAR (1/3) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali yang dipimpin oleh Jamaruli Manihuruk kembali melaksanakan kegiatan Rapat Harmonisasi Rancangan Peraturan Daerah. Rancanangan Peraturan Daerah yang dibahas kali ini yaitu Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gianyar Tahun 2022-2042. Kegiatan Rapat Harmonisasi Peraturan Daerah tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Hukum Kanwil Kemenkumham Bali, Kepala Bagian Perundang-undangan Biro Hukum Provinsi Bali, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gianyar, Kepala Bidang Penataan Ruang pada Dinas PUPR Kabupaten Gianyar, Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Gianyar, Kepala Subbidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah Kanwil Kementerian Hukum Dan HAM Bali, Tim Teknis dan Analis serta Kelompok Pokja 1 JFT Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kemenkumham Bali.

Kepala Bidang Hukum Kanwil Kemenkumham Bali, I Gusti Putu Milawati yang memimpin kegiatan Rapat Harmonisasi menyampaikan bahwa Secara umum Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Gianyar sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, dapat dilihat bahwa secara umum, substansi Rancangan Peraturan Daerah ini telah mengacu dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Dari segi formal prosedural pembentukan peraturan perundang-undangan, Rancangan Peraturan Daerah ini juga sudah memenuhi syarat dengan menyertakan kajian berupa naskah akademik. Namun setelah dilakukan harmonisasi terdapat beberapa penyempurnaan yaitu dalam konsiderans menimbang dan beberapa penyempurnaan teknik penulisan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk mengatakan bahwa Kabupaten Gianyar merupakan salah satu dari 9 Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Bali yang didominasi oleh persawahan dengan pemandangan yang indah dan menjadi salah satu tujuan wisatawan baik mancanegara maupun domestik. Kepala Kanwil Kemenkumham Bali berharap dengan adanya Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gianyar ini mampu mewujudkan satu kesatuan tata ruang yang dinamis dan dapat mengantisipasi tuntutan perkembangan pembangunan yang mengarah terwujudnya tata ruang wilayah kabupaten yang berkualitas.

Sumber : Humas Kanwil kemenkumham Bali