Kembangkan Industri Perkeretaapian Nasional, Kemenperin Pacu SDM Pengelasan

0
408
Ilustrasi pengelasan. FOTO: FREEPIK

(Vibizmedia-Nasional) Kementerian Perindustrian bertekad untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) industri yang berkualitas, melalui kolaborasi ini diyakini dapat mengakselerasi sasaran sesuai dengan kebutuhan bersama.

“Oleh sebab itu, kami memberikan apresiasi kepada Asosiasi Pengelasan Indonesia (API-IWS) yang turut berkontribusi dalam mencetak SDM pengelasan yang kompeten untuk mendukung pengembangan industri perkeretaapian nasional,” jelas Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi dalam keterangannya, pada Selasa, 8 Maret 2022.

Andi berharap API-IWS dapat memberikan masukan terkait program pengembangan SDM pengelasan kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin. “Selain itu, API-IWS juga diharapkan dapat berperan serta dalam pengembangan teknologi, riset dan inovasi, sertifikasi dan standardisasi dalam mendukung industri perkeretaapian nasional,” ungkapnya.

Saat ini, industri alat transportasi merupakan salah satu sektor industri yang mendapat prioritas pengembangan sesuai Rencana Induk Pembangunan Nasional (RIPIN) 2015-2035.

“Dalam industri perkeretaapian, program pengembangan diarahkan kepada percepatan pembangunan perkeretaapian, pengembangan jalur kereta api, pengembangan industri komponen pendukung perkeretaapian, pengembangan kereta api perkotaan dan kereta api berkecepatan tinggi,” terangnya.

Adanya megaproyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) misalnya menjadikan peluang untuk memenuhi SDM pengelasan dalam mendukung pelaksanaan proyek tersebut.

“Ini menjadi peluang untuk penyediaan tenaga las dari dalam negeri. Namun, perlu SDM yang kompeten dengan spesifikasi khusus sesuai kebutuhan, karena teknologi yang digunakan pada proyek tersebut terbilang modern,” kata Andi.