Layanan Kargo Bandara Kertajati Prospektif, Makin Diincar Operator Penerbangan

0
204
Layanan Kargo Bandara Kertajati Majalengka Jawa Barat (Foto: Kemenhub)

(Vibizmedia – Industry) Kinerja pengiriman dan bongkar muat kargo di Bandara Kertajati – Majalengka, Jawa Barat cukup bagus dan menunjukkan pertumbuhan positif.

Dimulai dari Maskapai Asia Cargo yang terbang dari bandara Kertajati sejak Desember 2021, maka pada Selasa, 8 Maret 2022 bertambah lagi dua operator lainnya, yakni Maskapai Trigana Air bersama dengan Avia Cargo selaku perusahaan pengiriman dan pengangkutan barang, mulai terbang dari Kertajati. Jadi, layanan penerbangan kargo di Bandara Kertajati semakin diminati operator penerbangan.

Penerbangan kargo perdana dari kedua maskapai ini disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Menhub memberikan apresiasi kepada Trigana Air dan Avia Cargo yang memilih menggunakan Bandara Internasional Kertajati untuk melakukan kegiatan pengiriman dan bongkar muat kargo.

“Ini suatu gebrakan yang baik. Meski masih di tengah pandemi, sekarang setiap hari ada penerbangan di Kertajati. Bahkan pada hari tertentu ada dua kali penerbangan kargo yang terisi penuh. Hal ini menandakan semakin aktifnya Bandara Kertajati melayani penerbangan kargo,” ungkap Budi Karya pada Selasa (8/3/2022).

Pemerintah terus mendukung upaya yang dilakukan stakeholder penerbangan dalam rangka menggerakan kembali industri penerbangan yang sempat terdampak pandemi. “Adanya kegiatan di Bandara Kertajati diharapkan berdampak pada pertumbuhan perekonomian di Jawa Barat, maupun secara nasional semakin baik,” tuturnya.

Posisi Kertajati di Jawa Barat yang berada di daerah Cirebon, Patimban, dan Majalengka merupakan segitiga strategis yang memiliki potensi untuk dikembangkan untuk menciptakan titik-titik ekonomi baru.

“Pelabuhan Patimban sudah kita bangun, dan ditargetkan ada lebih dari 160 ribu ekspor kendaraan tahun ini. Jadi jangan ragu untuk melakukan kegiatan kargo di sini. Ini akan membuka lapangan pekerjaan yang banyak di sini,” jelas Menhub.

Bandara Kertajati tengah disiapkan menjadi pusat kegiatan logistik dan pemeliharaan pesawat, selain menjadi tempat embarkasi dan debarkasi haji dan umroh. Untuk itu di bandara ini tengah dilakukan beberapa pengembangan e-commerce hub (cargo village) dan optimalisasi penerbangan kargo.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani