Mendag Lutfi: Minyak Goreng Curah Diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

0
268
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. FOTO: KEMENDAG

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan bahwa pihaknya mengkhususkan minyak goreng curah hanya untuk kelompok masyarakat kecil.

“Karena itu, minyak goreng curah tidak boleh disalahgunakan, terutama oleh industri menengah dan besar. Minyak goreng curah harus tetap diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, industri mikro dan kecil,” jelas Lutfi dalam keterangan persnya secara virtual, pada Rabu, 9 Maret 2022.

Perlu diketahui, minyak goreng curah dibanderol Rp11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp13.500, dan minyak goreng kemasan premium Rp14.000.

Oleh karenanya, dirinya turut mengingatkan konsumen membeli minyak goreng sesuai dengan kemampuannya.

“Saya ingatkan sekali lagi, ini adalah minyak pemerintah, program pemerintah. Sesuai aturan, adalah diperuntukan kepada masyarakat yang memang jadi objek daripada peraturan tersebut,” terang Lutfi .

Dirinya pun juga memastikan agar pasokan minyak goreng bakal tersalurkan secara merata kepada seluruh masyarakat.

“Pasokan minyak goreng curah akan memenuhi seluruh pasar tradisional secara kontinyu, konsisten, agar masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng lebih mudah dengan harga terjangkau,” ungkapnya.

Sementara, bagi yang ingin dan mampu membeli minyak goreng kemasan maupun premium, itu tersedia di pasar modern di seluruh Indonesia.

“Jaringan pasar modern ini mudah dikontrol, baik distribusi, harga dan stoknya, serta mudah diakses oleh masyarakat luas, terutama di perkotaan dan kota/kecamatan,” ucapnya.