MotoGP Mandalika 2022 Bangkitkan Industri Pariwisata NTB

0
299
Mandalika
Foto: Indonesia Tourism Development Corporation Mandalika

(Vibizmedia – Nasional) Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 akan berlangsung 18-20 Maret di Sirkuit International Jalan Raya Pertamina Mandalika.

Rangkaian kegiatan MotoGP Mandalika 2022 mengundang antusiasme industri pariwisata di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Para pelaku industri  optimisme kebangkitan industry akan lebih cepat dirasakan masyarakat NTB.

Menurut penuturan pengelola Travel Ahas, Ana, saat ini hampir semua penginapan di kawasan Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, sudah penuh.

“Hanya tersisa satu sampai dua kamar di daerah Gili Air,” kata Ana, Senin (14/3/2022). Diinformasikan bahwa rata-rata harga hotel per hari naik sampai 10 kali lipat dari hari biasa. Biasanya tarif penginapan sekitar Rp450 Ribu per malam, saat ini sekitar Rp4,5 Juta.

“Harapan saya akan banyak acara internasional di NTB, agar ekonomi bisa pulih kembali,” ujarnya.

Gili Air merupakan salah satu dari tiga pulau gili terkenal di Lombok Utara, selain Gili Trawangan, dan Gili Meno. Ketiga pulau itu terkenal dengan keindahan pantainya, maka tak heran apabila Gili Air menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Lombok.

Sebelumnya, Ketua Kehormatan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB, I Gusti Lanang Patra, mengatakan MotoGP 2022 telah membawa berkah bagi industri pariwisata NTB.

Menurut Patra, pemesanan kamar hotel hampir penuh di semua tempat akomodasi wisata di Pulau Lombok, karena pengunjung MotoGP 2022 kebanyakan dari luar negeri. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PHRI NTB, Ni Ketut Wolini, yang menurutnya saat ini kamar hotel di sekitar area Sirkuit Mandalika hampir habis dipesan, kecuali beberapa suite room.

“Kalau hotel di Lombok Tengah yang dekat dengan sirkuit sudah habis, di Mataram sudah habis, Lombok Barat termasuk Senggigi habis,” ujar Wolini seperti dilansir laman Bisnis.com

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani