BSSN Bakal Bangun Pusat Rekam Cadang Data Strategis Nasional di IKN

0
341
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian. FOTO: PEMPROV KALTENG

(Vibizmedia-Nasional) Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian mengungkapkan untuk menjamin keamanan data strategis nasional pihaknya bakal membangun pusat rekam cadang data di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Pusat rekam cadang data strategis nasional yang saat ini berada di Sawangan dan ke depannya juga akan dibangun di IKN ditujukan untuk menjamin keamanan integritas dan ketersediaan data strategis nasional,” ungkap Hinsa Siburian saat rapat dengan pendapat dengan Komisi I
DPR RI, di kompleks parlemen, pada Kamis, 17 Maret 2022.

Menurutnya, keamanan konektivitas data antara kementerian lembaga di IKN diutamakan dengan membentuk suatu jaringan tertutup terenkripsi yang hanya dapat diakses antar kementerian lembaga pada IKN. Selain itu, pusat rekam cadang data tersebut juga guna mendukung smart city disana.

“Dalam rangka mendukung transformasi digital di IKN yang mendukung smart city BSSN berencana membangun pusat rekam cadang data strategis nasional di IKN, BSSN telah membangun pusat rekam cadang data strategis nasional existing saat ini di Sawangan,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan pembangunan IKN Nusantara adalah pekerjaan besar, yang diperkirakan bisa diselesaikan selama 15-20 tahun ke depan. Untuk itu, dirinya berharap kepala otorita dan wakil kepada otorita serta lembaga terkait dapat bekerja dengan baik.