Staf Ahli Bidang Penguatan RB Tekankan Best Pratices Kunci Utama Pembinaan Target Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas

0
216

(Vibizmedia – Bengkulu) BENGKULU – Staff Ahli Menteri Bidang Penguatan RB (Iwan Kurniawan) memberikan penguatan kepada jajaran pegawai Kanwil Kemenkumham Bengkulu di Aula Soekarno, Selasa (29/3/2022). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah (Erfan), Kepala Divisi Keimigrasian (Ganda Samosir), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Rudy F. Sianturi), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Ika Ahyani K), plh. Kepala Divisi Administrasi (Pungka Sinaga), Kepala UPT, Pejabat struktural, ketua pokja beserta staff, kegiatan juga diikuti secara virtual.

Kegiatan dibuka oleh sambutan Kakanwil yang menyampaikan menyampaikan Kantor Wilayah Kemenkumham Bengkulu di awal tahun telah melaksanakan deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Beliau beserta jajarannya senantiasa melakukan berbagai perbaikan internal organisasi secara nyata, sistematis, dan bekelanjutan. Perbaikan dilakukan terhadap sistem dan tata kelola yang mencakup pembangunan budaya, kinerja, pembangunanan ketatalaksanaan, manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, serta peningkatan kualitas pelayanan.

Dalam paparannya staff ahli memaparkan pelaksanaan reformasi birokrasi tak hanya dinilai sebatas membangun zona integritas. “Saya merasa sangat terlalu sederhana ketika yang disampaikan berbicara tentang reformasi birokrasi hanya sebatas membangun zona integritas menuju WBK/WBBM,” katanya. Menurut Iwan implementasi reformasi birokrasi memiliki ruang bergerak yang sangat luas dan sangat menyentuh pelaksanaan tugas dan fungsi. Jadi kalau hanya berbicara tentang itu rasanya terlalu sederhana. Kedepan yang akan kami bicarakan adalah hal-hal yang sifatnya substantif. Jangan sampai membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM tapi pemahaman mendasar tentang reformasi birokrasi itu kita lupakan,” lanjutnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan dalam menyelesaikan target kinerja Kantor wilayah sebanyak 39 harus dibuat best practices sesuai dengan aplikasi 6 area perubahan reformasi birokrasi. Iwan berharap 12 penghargaan yang diraih oleh Kanwil Kemenkumham Bengkulu di tahun 2021 harus dijadikan pemacu dan harus ditingkatkan di tahun selanjutnya. Menutup arahannya, Beliau menyampaikan pentingnya komitmen dan strategi untuk mencapai tujuan dari reformasi birokrasi serta beberapa langkah untuk meningkatkan komitmen pimpinan dan komitmen bersama, peningkatan kinerja layanan, menciptakan program dan inovasi, monitoring dan evaluasi, manajemen, sampai internalisasi. (HUMAS)

Sumber : Humas Kemenkumham Bengkulu