Orientasi Tahap I, Kadivmin Berikan Materi Pengenalan Organisasi

0
210

(Vibizmedia – Jateng) SEMARANG – Kegiatan Orientasi Tahap I CPNS Tahun 2022 di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah masih terus berlanjut. Hari ini Selasa (05/04),  Kepala Divisi Administrasi, Jusman Ali memberikan pengarahan kepada Tunas Pengayoman Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

Orientasi CPNS T.A 2021 di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah ini diikuti 598 CPNS dari berbagai formasi secara virtual. Jusman memaparkan terkait pengenalan struktur organisasi secara global Kementerian Hukum dan HAM RI dan juga struktur organisasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah sesuai dengan Permenkumham No 30 Tahun 2018.

“Kemenkumham RI dipimpin oleh seorang Menteri Hukum dan HAM yang dibantu 5 Staf Ahli Menteri, yaitu Staf Ahli Menteri Bidang Politik & Keamanan, Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Ekonomi.” Ujar Jusman.

“Selanjutnya, terdapat 11 Pimpinan Tinggi Madya pada Kemenkumham yaitu Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Dirjen HAM, Dirjen Peraturan Perundang-Undangan, Dirjen Imigrasi, Dirjen Pemasyarakatan, Dirjen Administrasi Hukum Umum, Dirjen Kekayaan Intelektual, Kepala BalitbangHAM, Kepala BPHN dan Kepala BPSDM.” Sambungnya.

Lebih dalam, Jusman juga mengupas struktur organisasi yang ada di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

“Kantor Wilayah dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah, yang melaksanakan tugas dan fungsi Menteri  Hukum dan HAM di Wilayah sesuai dengan kebijakan. Jadi, miniatur Kemenkumham di pusat adalah Kantor Wilayah.” Tandasnya.

“Kanwil Kemenkumham Jateng memiliki 71 UPT dengan jumlah pegawai 4.175 orang. Kakanwil dalam melaksanakan tugasnya dibantu 4 Kepala Divisi, yaitu Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Divisi Keimigrasian dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM.” Sambungnya.

Jusman menjelaskan juga terkait alur bisnis proses pada Divisi Administrasi. Bahwa, Divisi Administrasi memiliki fungsi yang mengatur manajemen supporting, processing, dan monitoring. Divisi Administrasi jugabertugas menyusun rencana, kegiatan, dan anggaran,  serta pengembangan kompetensi SDM di lingkungan Kantor Wilayah, tambahnya lagi.

Sumber : Humas Kemenkumham Jateng