Kunker Perdana di Bulan Ramadan, Wapres Bertolak ke Sumbar Resmikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

0
207
Wapres K.H. Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja (kunker) perdana di bulan mulia. Menggunakan pesawat Kepresidenan Boeing 737- 400 TNI AU, Wapres dan rombongan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, menuju Bandar Udara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (12/04/2022) pukul 11.30 WIB. (Foto: BPMI Setwapres)

(Vibizmedia – Jakarta) Sejak Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia, hampir semua kegiatan harus dilakukan di rumah saja. Kebijakan tersebut ditetapkan pemerintah agar penyebaran Virus Corona tidak meraja lela. Setelah dua tahun pandemi mendera, bagi umat Islam Ramadan tahun ini pun menjadi istimewa. Setelah menanti lama, dengan protokol kesehatan yang ketat mereka dapat beraktivitas dan beribadah kembali di luar rumah.

Hal ini pun tidak disia-siakan oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia. Dengan tetap menjalankan ibadah puasa dan penerapan protokol kesehatan, Wapres K.H. Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja (kunker) perdana di bulan mulia. Menggunakan pesawat Kepresidenan Boeing 737- 400 TNI AU, Wapres dan rombongan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, menuju Bandar Udara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (12/04/2022) pukul 11.30 WIB. Kunker Wapres ke kota minang tersebut untuk meresmikan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Setelah menempuh penerbangan kurang lebih 1 jam 55 menit, Wapres tiba di Bandara Minangkabau yang rencananya disambut oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra, dan Komandan Lanud Sutan Sjahrir Kolonel Pnb M.R.Y. Fahlefie. Tarian Pasambahan dan penyematan kain songket turut mengiringi penyambutan kedatangan Wapres dan Ibu Wury.

Usai melakukan sholat zuhur di bandara, Wapres didampingi Ibu Wury, Gubernur Sumbar, dan rombongan menuju ke Kota Bukittinggi dengan berkendara mobil.

Di Plataran Jam Gadang, Bukittinggi, Wapres diagendakan meresmikan Gernas BBI pada pukul 16.00 WIB. Acara dimulai dengan Sambutan Selamat Datang Gubernur Sumbar, yang diikuti dengan Laporan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, dan Penyerahan KUR dan Bantuan Sertifikasi Halal. Selanjutnya, Wapres memberikan sambutan yang diikuti dengan Pemukulan Gandang Tasa sebagai tanda Peresmian Gernas BBI Sumbar.

Selepas itu, tak jauh dari tempat tersebut Wapres dijadwalkan melakukan peninjauan Belanja Pasar Rakyat.

Agenda selanjutnya, dengan berkendara mobil Wapres menuju Plataran Pasar Ateh, Bukittinggi, untuk menyerahkan bantuan. Adapun bantuan yang diberikan di antaranya sembako untuk masyarakat sekitar, Program Keluarga Harapan, anak yatim piatu korban Covid-19 dan warga disabilitas.

Sementara malam hari, Wapres di jadwalkan mengikuti Sarasehan Budaya dan Pengembangan Ekonomi Sumbar di Aula Bung Hatta, Hotel Novotel, Bukittinggi.

Hari kedua kunker, Rabu (13/04/2022), Wapres dijadwalkan bertolak ke Takengon, Aceh Tengah, untuk meresmikan Pembukaan Pekan Tilawatil Qur’an ke-52 RRI Tingkat Nasional.

Hadir mendampingi Wapres dan Ibu Wury dalam kunker tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah Muhammad Imam Aziz, Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim, dan Tim Ahli Wapres Farhat Brachma.