Sumber Energi Bersih Tersedia, Indonesia Berpeluang Besar Produksi EBT

0
75
Ilustrasi bauran energi baru dan terbarukan. FOTO: ESDM

(Vibizmedia – Industry) Indonesia masih memiliki peluang besar untuk dapat memproduksi energi baru terbarukan (EBT). Hal ini didukung oleh sumber energi bersih yang dimiliki yang sangat beragam dan melimpah, di antaranya potensi energi air, panas bumi, dan biogas.

Potensi ini disampaikan Direktur SDM dan Penunjang Bisnis Pertamina Power Indonesia, Said Reza Pahlevy, melalui keterangan tertulis, Kamis (14/4/2022).

Menurut Said, perencanaan EBT harus dilakukan  untuk menggantikan bahan bakar fosil hanya tinggal menunggu waktu akan habis.

“EBT adalah sebuah keniscayaan, daripada menunggu, lebih bagus kita inisiasi. Jika harus berdampingan dengan energi baru terbarukan, kita sudah siap, paling tidak kita harus persiapkan dari sekarang,” ujar Said.

Direktur Jenderal Energi Baru dan Terbarukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dadan Kusdiana, juga menyampaikan hal yang sama. EBT dapat menjadi modal besar untuk pengembangan ekonomi dengan segala potensi yang dimiliki Indonesia.

“Sebenarnya kita sudah mulai energi baru terbarukan dari penggunaan biodiesel. Dari satu liter biodiesel, 30 persennya kita sudah gunakan minyak yang bersumber dari sawit,” kata Dadan.

Memang ini sesuai dengan arahan Menteri ESDM Arifin Tasrif yang meminta pemerintah daerah membuat kebijakan yang mengarah pada pengembangan EBT.

Tentu saja ini diharapkan mendukung pemerintah pusat dalam mencapai target bauran energi baru terbarukan sebesar 23 persen pada 2025. Dukungan ini sangat dibutuhkan untuk menjalankan pembangunan rendah karbon dan energi hijau.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani