IPKEMINDO Lampung Gelar Lomba Public Speaking antar Pembimbing Kemasyarakatan

0
101

(Vibizmedia – Lampung) LAMPUNG-INFO Bertempat di Hotel Grand Praba, Jelang peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO) Wilayah Lampung gelar lomba Public Speaking, Story Telling serta Performa dan Etika Persidangan antar Pembimbing Kemasyarakatan se-Lampung pada Kamis (14/04/2022).

Dihadiri langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dr. Farid Junaedi; Kepala Divisi Administrasi, Topan Sopuan; Kepala Bapas Bandar Lampung, M. Rolan; Kepala Bapas Kota Bumi, Welly; Kepala Bapas Metro, Sukir dan Kepala Bapas Pringsewu, Prayudha Rachmadani, jalannya kegiatan dipandu oleh Pembimbing Kemasyarakatan Madya, Elvi Suryaningsih .

Mengusung Tema “PEMASYARAKATAN PASTI DAN BerAKHLAK, MEWUJUDKAN INDONESIA MAJU”, terdata 16 peserta telah mendaftarkan diri untuk mengikuti perlombaan. Dewan juri yang dipimpin oleh Akademisi Politeknik Kesehatan Tanjung Karang, Idawati Manurung ini beranggotakan Hakim Pengadilan Negeri Kelas I Tanjung Karang, Hendri Irawan; Ketua IPKEMINDO Lampung, Yana Supriyana; Analis Hukum Muda, I Made Agus Dwiana dan Tien Yulianti, Akademisi Universitas Teknokrat Indonesia.

Ketua IPKEMINDO Lampung sekaligus Ketua Panitia Kegiatan, Yana Supriyana melaporkan bahwa Perlombaan kali ini merupakan perlombaan pembimbing kemasyarakatan perdana di seluruh wilayah Indonesia. Selain sebagai rangkaian dari peringatan HBP, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai wadah untuk mengasah kreativitas dan kompetensi Pembimbing Kemasyarakatan, “Maksudnya untuk memperkuat komitmen jajaran Pemasyarakatan dalam berkinerja, meningkatkan motivasi, dan memacu inovasi dalam mencapai tujuan Sistem Pemasyarakatan” tutur Yana.

Membuka jalannya kegiatan, Farid Junaedi Dalam sambutannya menyampaikan pentingnya berkomunikasi dengan baik dan mampu beretika di masyarakat. Melalui perlombaan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas public speaking Pembimbing Kemasyarakatan di wilayah lampung, sehingga meningkatkan kualitas hasil kinerja.

“Public Speaking ini penting! karena menyangkut bagaimana kita bisa meyakinkan dan memberikan kepercayaan kepada masyarakat, kepada hakim, dan kepada keluarga dari korban maupun keluarga tersangka agar mereka bisa percaya dan bercerita apa adanya dengan jujur dan nyaman,” ujar Farid.

Farid juga Berpesan untuk berkompetisi dengan supportif diiringi hati yang gembira, tetap semangat meski sedang berpuasa di bulan Ramadhan.

Selain juara Individu, akan diberikan pula apresiasi juara umum bagi UPT yang mampu mendulang poin terbanyak dalam perlombaan. Pengumuman pemenang akan dirilis pada tanggal 27 April 2022 bersamaan dengan acara puncak Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58 Kanwil Kemenkumham Lampung.

Sumber : (HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG/NAN)