Mengenal Beragam Jenis Begonia nan Cantik

0
161
Mengenal Berbagai Jenis Begonia nan Cantik ( Foto: Vera H/ VM)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Yuk, mengenal Begonia! Begonia adalah nama dari genus tanaman yang daun dan bunganya sama cantik. Begonia terdiri dari sekelompok lebih dari 1.800 spesies tanaman, semuanya lebih banyak tumbuh di daerah tropis atau subtropis. Sebagian besar merupakan tanaman tahunan, tetapi mereka banyak ditanam di hampir setiap wilayah sebagai tanaman semusim. Daya tarik utama Begonia adalah bahwa banyak jenis menghasilkan bunga yang spektakuler dalam kondisi teduh di mana beberapa tanaman berbunga tumbuh subur.

Begonia dengan daun dan tangkai merah nan cantik (Foto: Vera Herlina VM)

Begonia membutuhkan sinar matahari, tetapi jika sinar matahari itu jangan langsung sebab tidak boleh terlalu panas. Sebaiknya letakkan di tempat dengan cahaya yang tidak langsung seperti misalnya di bawah kanopi pohon yang tinggi dan tipis. Namun, ada beberapa varietas begonia mungkin mentolerir lebih banyak sinar matahari daripada yang lain.

Begonia klasik dengan bunga berukuran kecil (Foto : Vera Herlina/ VM)

Begonia dapat dikategorikan dalam beberapa cara, tetapi metode yang berguna adalah dengan memperhatikan struktur akarnya yaitu:

1. Akar berserat
Contohnya Begonia lilin, Begonia tebu, Begonia sayap malaikat dan jenis lainnya, yang semuanya memiliki bola akar standar dengan akar tipis. Daunnya cenderung bulat dan berlilin, dan relatif kecil. Bunganya juga cukup kecil, sekitar 1,5 inci. Bila ditaruh di pot maka Begonia dapat terus mekar jika Anda membawanya ke dalam ruangan dan menempatkannya di jendela yang terkena matahari.

2. Akar Tuberous
Kelompok ini memiliki bunga paling spektakuler, mekar besar dalam nuansa merah muda, kuning, oranye, merah, atau putih seperti neon. Mereka memiliki akar umbi bulat berdaging seperti kentang dan umumnya mekar di pertengahan musim panas. Jenis ini populer baik untuk penanaman di kebun maupun ditaruh di dalam pot.

3. Akar Hardy Begonia
Jenis ini termasuk dalam spesies Begonia Grandis. Mereka umumnya ditanam sebagai. Mereka memiliki dedaunan yang mirip dengan tetapi menghasilkan bunga merah muda atau putih yang agak kecil.

4. Rhizomatous
Begonia ini memiliki akar dan batang berdaging yang merayap di sepanjang permukaan tanah. Mereka ditanam sebagian besar untuk dedaunannya yang menarik dan lebih sering digunakan sebagai tanaman hias daripada sebagai tanaman kebun. Mekar mereka dapat menutupi seluruh tanaman.

5. Rex
Ini adalah subkategori Begonia Rimpang dengan dedaunan paling mencolok dari semua begonia. Bunganya cukup kecil. Mereka juga paling sering digunakan sebagai tanaman hias tetapi sedikit lebih rewel daripada kebanyakan jenis rimpang.