Kudapan Enak: Risoles Smoked Beef

0
173

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Bagi para ibu ataupun mereka yang mencintai masak-memasak, pastilah ingin menyiapkan kudapan yang sehat, enak dan mudah dibuat. Kali ini kita bisa mencoba membuat kudapan yang pastilah akan membuat keluarga menikmati dengan senang, yaitu risoles smoked beef.

Bahan Risoles Smoke Beef

Bahan kulit
– 100 gram terigu
– 25 gram tapioka
– 1/2 sdt garam
– 300 ml susu segar
– 1 butir telur

Bahan isian
– 1 buah timun
– 1 buah wortel
– 4 lembar smoke beef
– 5 sdm mayonaise
– 1 sdm susu kental manis

Bahan celupan
– 1 butir telur
– 5 sdm terigu
– tepung roti secukupnya

Cara membuat:

Kulit Risoles Smoked Beef
– Pertama terigu dimasukkan ke dalam wadah lalu masukkan tapioka. Kemudian perlahan lahan masukkan susu fresh atau segar sedikit demi sedikit. Kita gunakan mixer untuk mengaduk dengan kecepatan rendah saja. Dimasukkan susunya sampai habis dengan sedikit demi sedikit lalu masukin garam dan telur 1 butir diaduk rata sampai adonan tidak encer dan tidak kental.
– Siapkan wajan/teflon kasih sedikit minyak dioles dengan tissue atau kuas tipis. Masukkan adonan dengan memutar teflon sampai tertutup semua jangan sampai matang cukup sekitar 3 menit saja. Kalau sudah bisa digoyang dan dilepaskan maka kulit sudah bisa diganti lagi. Caranya dengan dioleskan minyak lagi lalu masukkan adonan sampai habis semuanya menjadi kulit.

Isian Risoles Smoked Beef
Potong timun pinggirnya saja, isi tengah dibuang. Wortel dibersihkan dipotong dadu kecil kecil sama dengan timun. Kemudian smoke beef dipotong dadu juga lalu masukkan mayonase ditambahkan SKM satu sendok makan.

– Ambil kulit risoles lalu isi dengan 1 sendok makan isian, digulung sekali, lipat bagian kiri dan kanan lalu digulung sampai habis kulitnya. Kemudian berikan olesan putih telur supaya menempel dan tidak terbuka. Lanjutkan sampai semua kulit dan isian habis.

– Smoked beef yang sudah jadi masukkan ke dalam adonan basah/bahan celupan. Lalu dimasukkan ke dalam tepung roti sampai rata kemudian sisihkan. Diteruskan sampai semua smoked beef habis.

– Panaskan wajan dengan minyak yang cukup banyak. Sampai minyak panas baru masukkan risoles smoked beef yang ada dengan api sedang saja supaya tetap crispy di luar dan renyah di dalam. Saat warna sudah kecoklatan, risoles siap diangkat dan disajikan.

Selamat Mencoba.