Bunga Tulip Yang Cantik Ternyata Bukan Berasal Dari Belanda

0
449

(Vibizmedia – Lifestyle) – Bunga Tulip dikenal sebagai salah satu bunga yang cantik dengan kelopaknya yang menyerupai cangkir dan selama ini dapat dikatakan identik dengan Belanda, sehingga Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip karena jika kita melihat bunga Tulip pasti kita ingat dengan negara Belanda karena memang bunga tulip banyak tumbuh di negara kincir angin tersebut.

Nama Latinnya adalah Tulipa. Tulip merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Sesungguhnya bunga Tulip bukan asli dari Belanda tetapi berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan, barulah kemudian bunga Tulip dibawa ke Turki, lalu ke Belanda pada sekitar tahun 1560.

Ada beberapa fakta menarik dari bunga tulip, yuk kita lihat apa saja.

Bunga Tulip yang cantik ini ternyata memiliki banyak varietasnya ada lebih dari 3000 varietas di seluruh dunia, ada yang tumbuh alami maupun dibudayakan secara genetik. Dari ribuan varietas tersebut, tulip diklasifikasikan ke dalam 150 spesies.

Tulip bagian dari keluarga Lily yang juga termasuk bawang putih, bawang merah, dan asparagus. Oleh karena itu, bagian kelopak bunga tulip pun dapat diolah sebagai pengganti bawang dan membuat anggur. Saat Perang Dunia II, tulip sering dijadikan santapan untuk menahan rasa lapar.

Fakta menarik selanjutnya adalah bunga tulip memiliki makna dari setiap warnanya. Beberapa warna tulip seperti merah, putih dan ungu memiliki maknanya sendiri. Tentu saja hal ini bisa jadi pertimbangan jika ingin memberikan bunga tulip kepada seseorang.

Bunga Tulip dengan kelopak merah menandakan cinta sejati. Tak heran jika jenis ini laku keras saat peringatan Valentine. Tulip kelopak putih berarti permintaan maaf atau pengampunan, sedang tulip ungu merupakan simbol kerajaan.

Bunga Tulip dapat tumbuh di daerah subtropis atau daerah dingin, namun Dosen Fakultas Pertanian, Fetty Dwi mengatakan bunga tulip dapat tumbuh subur di Indonesia, namun penanaman harus dilakukan di dataran tinggi dan udara yang dingin, salah satunya di daerah Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Berapa lama bunga Tulip tumbuh?

Bunga Tulip ternyata dapat dikembangbiakkan melalui biji dan umbi. Hanya saja penanaman biji tulip akan menghasilkan tumbuhan yang lebih lamban berbunga dibandingkan dengan penanaman menggunakan umbi. Rata-rata tulip yang ditanam dari biji membutuhkan waktu sekitar 5-6 tahun supaya bisa berbunga.

Demikian sekilas tentang bunga tulip dan tips dari Fetty Dwi bagi Anda yang menginginkan membudidayakan tulip lokasi lahan sangatlah penting yaitu harus di dataran tinggi dengan pH tanah harus dalam keadaan normal, tanah yang gembur dan dekat dengan sumber air.


Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting