Bikin Tahu Sambal Kayak Gini, Dijamin Semua Suka

0
134

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Jangan heran kalau tahu bisa jadi hidangan yang sedap kalau dimasak seperti ini, sederhana membuatnya, Tahu Sambal bisa jadi hidangan kesukaan keluarga.

Tahu Sambal

Bahan yang diperlukan:

  Tahu putih atau tahu sutra 1 kotak

  5 siung bawang Putih

  7 buah cabe merah besar dibuang bijinya. Potong atau chop kecil halus.

  Minyak secukupnya untuk menggoreng

  Tepung maizena 10 sdm

Bahan tambahan:

– Kaldu Bubuk 1/2 sdt

– Bumbu ngohiong 1 sdt

– Gula pasir 1/2 sdt

– Garam 1/4 sdt

Cara memasak:

1. Potong pertama-tama tahu seukuran dadu, jangan terlalu tipis. Setelah Itu masukkan tahu ke dalam tepung maizena. Diaduk, tahu dibalur sampai rata. Kemudian ditiriskan lalu ditaruh di  wadah.

2. Panaskan minyak untuk menggoreng, Setelah panas masukan semua tahu yang sudah terbalur tepung maizena ke dalam penggorengan. Diaduk-aduk sampai semua tahu terpisah satu per satu. Goreng sampai kecoklatan lalu diangkat dan tiriskan.

3. Tumis bumbu dengan sedikit minyak, masukkan bawang putih, aduk sampai rata, lalu masukkan cabe merah besar. Kemudian diaduk lagi sampai rata, masukkan bumbu tambahan yaitu kaldu Bubuk, ngohiong, garam dan gula. Semua diaduk sampai tercampur rata. Setelah matang didiamkan sampai tidak panas, tujuannya adalah agar tahu tetap crispy dan gurih.

4. Setelah bumbu dingin,  barulah masukkan tahu yang sudah digoreng.  Aduk rata tanpa api sama sekali. Bila semua sudah tercampur rata maka Tahu Sambal Lada Garam sudah siap disajikan.

Masakan ini mudah, cepat, ekonomis tapi rasanya enak.  Terasa crispy di luar,  tapi lembut di dalamnya. Sangat sedap dengan rasa  bumbu yang sedikit pedas, gurih dan wangi dari Ngohiong nya begitu terasa.

Selamat mencoba di rumah.