Mengenal Karakteristik Sukulen Pelangi

0
188
Opuntia monacantha variegata (Foto: Pinterest)

(Vibizmedia – Gaya Hidup & Hiburan) Opuntia monacantha variegata merupakan tanaman yang populer karena penampilannya yang tidak biasa seperti jenis kaktus lainnya. Opuntia monacantha variegata memiliki nama lain yang dikenal sebagai “Sukulen Pelangi”, tanaman ini termasuk dalam keluarga kaktus. Tanaman sukulen pelangi ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu koleksi tanaman hias. 

Berikut ini spesifikasi tanaman Opuntia monacantha variegata :

Kingdom: Plantae
Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Class : Dicotyledonae
Ordo : Caryophyllales
Famili : Cactaceae
Subfamili : Opuntiae
Genus : Opuntia
Spesies : Opuntia monacantha variegata

Tanaman Opuntia monacantha variegata memiliki bentuk yang sangat unik. Keunikan dari tanaman ini adalah bentuknya bulat, berwarna hijau yang sangat muda, terdapat tunas-tunas yang menyerupai bintil yang tumbuh dalam jumlah yang banyak secara tidak beraturan pada batangnya. Tunas-tunas menyerupai bintil tersebut memiliki warna kemerahan sehingga menambah keindahannya. 

Habitat asli dari Opuntia monacantha variegata di hutan Amerika Selatan dengan iklim tropis. Maka dari itu tanaman kaktus jenis ini dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. Perawatan tanaman ini juga sangat mudah dan tidak harus selalu disiram.

Tanaman ini sangat umum dibudidayakan karena mudah tumbuh pada akarnya sendiri dan pertumbuhannya cepat. Tanaman sukulen pelangi ini menyukai tanah yang sangat berpori dengan  berbahan organik (gambut, humus). Dalam hal penyiraman di musim panas membutuhkan penyiraman sedang atau lebih dibanding jenis kaktus lainnya (namun jangan sampai terlalu banyak air), dikarenakan akarnya mudah rusak dalam pot yang lembab untuk waktu yang lama, sedangkan di musim dingin tetap kering dengan suhu minimum 5°C dikarenakan aliran udara yang cukup di musim dingin. Tanaman ini membutuhkan sinar di bawah naungan dan kebutuhan airnya bisa disiram seminggu sekali.