Si Melano Rambat yang Cantik

0
302
Tanaman rambat Philo Melano (Foto: Tety Wijaya/ Kontributor Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Anda mungkin sedang mencari tanaman rambat untuk mempercantik taman Anda. Nah, tanaman berikut bisa jadi salah satu pilihan. 

Tanaman Philodendron Melanochrysum  (Black Gold Philodendron) atau  lebih dikenal dengan nama Philo Melano, termasuk dalam tanaman tropis merambat. Tanaman ini sangatlah cantik, selain itu tidak sulit mengembang biakkannya dan mudah ditanam.

Tekstur daun Philo Melano nampak seperti beludru dengan ukuran besar dan memiliki warna daun yang cantik. Perpaduan warna daunnya juga cantik, yaitu warna merah muda dipadu dengan bagian uratnya yang berwarna hijau muda  yang nantinya menjadi hijau tua.

Tanaman rambat Philo Melano (Foto: Simon Pindo /Kontributor Vibizmedia)

Perawatan Philo Melano

Merawat tanaman Melano tidak sukar, apalagi jika ditanam pada kondisi lingkungan yang mendukung  pertumbuhannya.

Tanaman ini  biasanya mencapai tinggi antara 90 hingga150 cm  jika ditanam di dalam ruangan. Tetapi jika ditanam langsung di tanah di luar ruangan, Philo Melano bisa tumbuh mencapai 6 meter.

Untuk merawat tanaman ini perlu memperhatikan beberapa faktor berikut:

1. Kebutuhan Cahaya

Tanaman ini akan bertumbuh baik ketika ditanam di dibawah naungan agar tidak terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung dapat mengubah daun menjadi kuning dan terbakar.

2. Penyiraman

Philo Melano membutuhkan penyiraman yang rutin, namun tidak berlebihan. Pastikan media tanam selalu lembab tapi tidak ada genangan air. Untuk memeriksa apakah sudah waktunya disiram yaitu dengan cara memasukkan satu buku jari pada media tanam,  kalau terasa kering itu artinya sudah harus disiram.

3. Media Tanam

Philo melano sangat menyukai media tanam yang porous serta memiliki drainase yang baik juga lembab. Adalah penting untuk memilih media tanam yang dapat mengalirkan kelebihan air melalui lubang drainase di bagian bawah pot, tetapi dapat menampung cukup air untuk melembabkan tanaman.

4. Suhu dan Kelembaban

Philod Melano dapat ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman outdoor di iklim ringan. Suhu ideal untuk pertumbuhan tanaman ini yaitu antara 21 sampai 27 °C. Philo Melano tidak membutuhkan tingkat kelembapan yang tinggi untuk dapat berkembang. Tetapi lingkungan dengan kelembapan tinggi akan lebih baik karena dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman.

5. Penggunaan Pupuk

Pupuk atau nutrisi untuk tanaman sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembangnya tanaman. Agar tanaman tumbuh sehat dan subur, berikan pupuk pada daun maupun media tanamnya optimalnya 2 minggu sekali.

6. Pot & Repotting

Soal me-repotting tanaman Philodendron Melanochrysum, satu hal yang harus Anda pertimbangkan adalah menemukan pot yang lebih besar dari yang asli. Biasanya dibutuhkan satu atau dua tahun bagi Melanochrysum untuk tumbuh lebih besar dari pot mereka, saat itulah Anda perlu me-repottingnya dan mengukur pot berikutnya.

Melihat ukuran tanaman Anda dapat dengan mudah memutuskan kapan perlu di-repotting. Selain itu, ketika Philodendron Anda terikat pada akar, pertumbuhannya akan melambat secara signifikan.

Bagaimana Cara Memperbanyak Philodendron Melanochrysum?

Ada dua cara memperbanyak Philodendron Melanochrysum, yaitu dengan metode cangkok atau mengikuti proses pemotongan batang tua yang baik.

Cangkok

– Gunakan pisau untuk membuat luka tajam sedalam dan sepanjang 5 cm di batang.

– Tempelkan tusuk gigi ke dalam luka dan usahakan posisinya dapat menahan luka tetap terbuka.

– Setelah Anda selesai dengan langkah ketiga, ambil tali dan ikat di sekitar lumut.

– Siapkan beberapa bungkus plastik dan bungkus dengan hati-hati di sekitar luka seketat mungkin. Anda bisa menggunakan lakban atau tali rafia, tujuannya untuk menjaga pembungkus plastik pada tanaman, sehingga sphagnum moss bisa tetap berada di sayatan batang.

– Biarkan tanaman terbungkus plastik selama dua hingga tiga minggu, hingga akar akan tumbuh dari lumut. Setelah akar mencapai panjang yang bagus, potong batang dari tanaman induk tepat di atas dan di bawah lumut.

– Lepaskan pembungkus plastik dari batang dan tanam batang cangkokan yang sudah berakar di dalam pot berisi tanah yang dikeringkan dengan baik dan kaya bahan organik.

Stek batang

– Gunakan gunting taman steril untuk memangkas potongan batang dari tanaman induk. Cobalah untuk memotong potongan sepanjang 5 hingga 10 cm, tepat di atas simpul daun (notch). Pastikan potongan segar Anda memiliki setidaknya dua daun.

– Jangan lupa untuk menyembuhkan stek batang Anda dengan fungisida atau Betadine: biarkan selama beberapa saat sampai kering.

– Siapkan pot untuk tanaman baru. Isi dengan media, seperti campuran andam, sekam bakar, cocopeat atau   menggunakan sphagnum moss, pasti tanaman Anda akan menyukainya.