Exit Meeting Pembangunan ZI, Pria : Kita Semua Tetap Berproses Dalam Pembangunan ZI

0
80

(Vibizmedia – Kalbar) Pontianak – Sehubungan dengan telah selesainya kegiatan Pembangunan Zona Integritas Tahun 2022 oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM pada Satuan Kerja yang  diusulkan WBK di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Kepala Kantor Wilayah, Pria Wibawa, didampingi Kepala Divisi Administrasi, Dwi Harnanto, dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Ika Yusanti, menghadiri Exit Meeting Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani Kanwil Kemenkumham Kalbar Tahun 2022 pada Satuan Kerja yang diusulkan WBK yang dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah, Rabu (08/06).

Exit meeting juga diikuti oleh empat Kepala UPT wilayah Kota Pontianak yang masuk didalam usulan Satker WBK Tahun 2022 secara langsung dan tiga Satker usulan mengikuti secara virtual. Keemapt satker yang langsung mengikuti adalah Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak, Rutan Kelas IIA Pontianak, LPKA Kelas II Sungai Raya, dan Rumah Detensi Imigrasi Pontianak. Sedangkan Satker yang mengikuti secara virtual adalah Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas, dan Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Ketapang.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi kemudian dilanjutkan dengan paparan yang disampaikan oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM yang dipimpin oleh M.H Kesuma Negara selaku Pengendali Teknis. Dalam paparannya, Kesuma memberikan catatan hasil penguatan WBK tahun 2022. Catatan TPI meliputi keenam area perubahan, dan juga memberikan rekomendasi atas penguatan pembangunan ZI pada Satker Kanwil Kalbar.

Kesuma menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh Satker yang telah bekerja keras dalam memenuhi data dukung yang diperlukan. Dari delapan Satker yang diusulkan terdapat satu Satker, Rutan Sambas, yang belum memenuhi persyaratan administrasi yaitu dikarenakan belum dua tahun melaksanakan pembangunan Zona Integritas, karena hal tersebut tersisa tujuh Satker yang masuk dalam penilaian TPI.

Setelah dengan mempertimbangkan prinsip kehati-hatian dan kecermatan oleh Tim Penilai Internal dan dari aspek unsur pengungkit maupun hasil ditetapkan lima Satker yang dinyatakan dapat untuk dinilai di Panel TPI, bahkan diantara kelima Satker tersebut terdapat tiga Satker yang dinilai sangat bagus oleh TPI.

Kepala Kantor Wilayah juga memberikan penguatan kepada para Satker yang diusulkan WBK. Penguatan Kakanwil antara lain untuk kedua UPT yang belum dapat melanjutkan ketahap selanjutnya agar jangan berkecil hati dan patah semangat.

“ Saya sebagai Kakanwil tidak beranggapan bahwa ini sebagai kegagalan, hal ini saya anggap sebagai keberhasilan karena kita semua tetap berproses dalam pembangunan Zona Integritas,” ucap Pria.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan secara simbolis Berita Acara Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Tahun 2022 oleh Pengendali Teknis TPI, M.H Kesuma Negara kepada Kakanwil Kemenkumham Kalbar, Pria Wibawa. (ft/nar:rzh)

Sumber : Humas Kemenkumham Kalbar