Unik dan Cantik, Gebyar Batik Pamekasan Digelar di Kawasan Gunung Bromo

0
136
Gebyar Batik Pamekasan di Pasir Berbisik, Gunung Bromo (Foto: Pemkab Pamekasan)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Pagelaran busana batik dikemas dengan unik oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan bekerja sama dengan EO Eksotika Bromo. Tema pagelaran bus aini adalah Gebyar Batik Pamekasan, berlangsung di kawasan Pasir Berbisik Gunung Bromo – Jawa Timur.

Gelaran Gebyar Batik Pamekasan di kawasan wisata Gunung Bromo ini dilakukan untuk memperkenalkan batik tulis khas dari pemotif pembatik Pamekasan, sekaligus untuk menarik wisatawan lokal, nasional dan internasional yang berwisata di Gunung Bromo.

Para desainer kondang asal Pamekasan seperti Herdy Seset, Pepeng Brianto, Lutfianto, Bagus Dwi Prasetyo, Alvien Oktava, dan Desainer Nasional, Embran Nawawi unjuk kebolehan dalam kreatifitas tata busana batik.

Ratusan kain dan pakaian batik tulis Pamekasan dipamerkan dengan cara menggantungnya di ujung bambu. Ribuan penonton memadati area acara pagelaran Gebyar Batik Pamekasan – Eksotika Bromo 2022.

Acara menarik ini juga dihadiri Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin, Sekretaris Daerah Pamekasan, Totok Hartono, dan Ketua DRPD Pamekasan, Fathorrahman, juga nsejumlah Kepala OPD dan 13 Camat se-Kabupaten Pamekasan.

Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin menyampaikan, yang pagelaran Gebyar Batik Pamekasan 2022 ini, mengatakan bahwa batik tulis Pamekasan ini di Jawa Timur maupun nasional terkenal dengan harganya yang murah dengan kualitas bagus.

“Kalau tidak percaya silakan dikunjungi, jangan hanya dilihat, dan dipegang saja tapi dibeli, karena harganya murah,” ungkap Fattah Jasin.

Fattah menjelaskan, tahun 2018 lalu, saat masih menjabat sebagai PJ Bupati Pamekasan, Ibu Hamengkubuwono ke X berkunjung ke Pamekasan dan memborong 5 karung batik tulis Pamekasan di Pasar 17 Agustus Pamekasan.

Menurut Fattah, murahnya harga batik tulis Pamekasan karena yang menjadi pedagang di Pasar 17 Agustus merupakan perajin batik itu sendiri.

Setiap hari Kamis dan Minggu, Pasar 17 Agustus Pamekasan menyelenggarakan hari pasar batik yang ramai dipadati pengunjung.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani