Media Digital Dukung Perkembangan Perekonomian

0
73
digitalisasi pasar
Ilustrasi ekonomi digital Indonesia (Foto: Kemenkeu)

(Vibizmedia – Economy & Business) Perkembangan ekonomi digital telah  memberikan kemudahan kepada semua orang. Salah satunya masyarakat lebih mudah dan cepat berbelanja dengan menggunakan teknologi digital.

Hal ini disampaikan oleh Feryanto – Dosen Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB), melalui You Tube dalam Webinar  Ekonomi Digital: Tren dan Penggunaan Media Digital dalam Mendorong Perekonomian, yang digelar oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selasa (14/6/2022).

“Ekonomi digital membuat hidup menjadi simpel terutama masyarakat yang berbelanja,” kata Feryanto. Dicontohkan, untuk berbelanja suatu produk diproduksi di luar Indonesia dengan harga yang lebih murah, sekarang sangat mudah dilakukan.

Di sisi lain, Feryanto mengimbau masyarakat agar dapat menjadi pemain utama dalam perekonomian melalui ekonomi digital. “Kita jangan hanya sebagai konsumen atau pengguna ya tapi kita juga sebagai pemain atau produsen,” tegasnya.

Dijelaskan bahwa pasar ekonomi digital yang ditopang dengan e-commerce atau perdagangan elektronik di kawasan Asia Tengara atau ASEAN masih terbuka lebar. Saat ini diperlukan konsistensi agar Indonesia dapat memanfaatkan pasar di ASEAN.

“Ekonomi digital itu memberikan kontribusi besar dan mendorong pergerakan ekonomi,” kata Feryanto.

Dia menambahkan, untuk sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masih perlu didorong dalam penggunaan teknologi digital. “Data Badan Pusat Statistik menunjukkan 80 persen UMKM belum menggunakan internet,” pungkasnya.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani