MegaBuild Indonesia 2022 Membawa Persatuan Ekosistem Industri Pembangunan untuk Masa Depan

0
83

(Vibizmedia – Jakarta) Segenap pelaku usaha industri konstruksi Indonesia diharapkan secara konsisten dapat meningkatkan kemampuan berusaha melalui peningkatan kompetensi guna memenangkan persaingan di pasar regional ASEAN. Perlu upaya dan dukungan bersama untuk memperhatikan kesiapan seluruh rantai pasok industri konstruksi, mulai dari Lembaga, Badan Usaha Jasa Konstruksi, Tenaga Kerja, Material, Peralatan, Teknologi dan Masyarakat Jasa Konstruksi.

Tahun 2021, Presiden Jokowi memberikan perhatian besar, nampak jelas dalam rancangan pembangunan jangka menengah yang mengandalkan pembangunan infra-struktur sebagai pilar yang harus dilakukan bersama. Pemerintah berusaha keras di masa pandemi mencari cara agar pembangunan infra-struktur terus bergerak. Pemerintah bersama seluruh ekosistem konstruksi Indonesia terus mendorong, agar pembangunan infra-struktur yang handal diyakini dapat meningkatkan daya saing Indonesia.

Tantangan ke depan lebih berat, globalisasi menyebabkan makin terbukanya pasar, dan itulah sebabnya pemerintah melakukan sejumlah perubahan strategis untuk memastikan pelayanan publik lebih baik dan sederhana, sehingga akses terhadap layanan lebih dapat dijangkau. Undang Undang Cipta Kerja dan Undang Undang Jasa Konstruksi keduanya merupakan perubahan praktis operasional dan memberikan kemudahan berusaha dalam koridor Tata Kelola Pemerintahan dan Perusahaan yang baik.

Itulah sebabnya pelaku jasa konstruksi harus memanfaatkan pameran Mega Build Indonesia edisi ke 19 tahun 2022 ini, bukan hanya untuk menambah wawasan terhadap perkembangan inovasi produk, melainkan juga sebagai wahana kesempatan saling tukar pengetahuan dan pengalaman, serta mengintip keunggulan komparatif pelaku usaha lainnya.

Demikian Dr. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D, Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat Republik Indonesia menyampaikan pesan melalui kehadiran Ir. Mohammad Zainal Fatah, Sekretaris Jenderal dalam pembukaan pameran edisi ke 19 Mega Build Indonesia 2022 yang di selenggarakan di Hall A & B Balai Sidang Jakarta mulai tanggal 16-19 Juni 2022.

Pak Fatah juga menyatakan: “penyeleggaraan pameran Mega Build Indonesia edisi ke 19, 2022 ini adalah tindakan yang harus kita apresiasi dan kita banggakan karena krisis boleh terjadi dan masih ada di sekitar kita, tetapi masyarakat sudah lebih percaya diri, tidak terpuruk akibat krisis. Oleh sebab itu baiklah kita memanjatkan doa agar menjadi pemantik bagi pembangunan nasional.”

Peserta bukan hanya dari dalam negeri, misalnya Malaysia tampil dengan delegasi terbanyak jauh melebihi delegadsi 7 negara lainnya. Ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat kemampuan industry dalam negeri, bertukar teknologi dan kesempatan menuju masyarakat ekonomi ASEAN agar bisa diwujudkan lebih baik.