Sate Lilit, Makanan Khas Bali yang Menggoyang Lidah

0
113
Sate Lilit, sate khas Bali yang nikmatnya pake banget (Foto: Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Pasar Alas Kusuma, Badung, Bali, terkenal sebagai One Stop Shopping, yaitu pasar yang lengkap dari kebutuhan rumah tangga sampai kebutuhan lainnya. Tentu saja, jika berkunjung kesana, jangan pernah melewatkan untuk mencicipi jajanan yang luar biasa enaknya, yaitu sate lilit.

Sate lilit disajikan menggunakan tusuk dari lidi atau bambu, kadang menggunakan batang serai. (Foto: Vibizmedia)

Sate Lilit, sate khas Bali yang nikmatnya pake banget

Sate Lilit merupakan makanan khas masyarakat Bali, dan biasanya terbuat dari daging babi cincang atau daging ayam, namun sekarang semakin banyak orang yang membuatnya dari sapi dan ikan, bahkan kalangan vegetarian membuatnya dari jamur dan tempe.

Di Pasar Alas Kusuma, sate lilit yang dijual tersedia dalam 2 varian, yaitu sate lilit dari daging babi, dan sate lilit dari daging ikan.

Sate Lilit, memang bisa dikatakan sate yang tampilannya unik. Dikatakan unik, tentunya karena sate lilit disajikan bukan hanya menggunakan tusuk dari lidi atau bambu, tapi kadang dapat juga disajikan menggunakan batang serai.

Sate Lilit ini paling nikmat ditemani dengan nasi campur ditambah lauk lainnya, mantap sekali kan?

Sate lilit di Pasar Alas Kusuma, harga murah di bawah Rp 5000 per tusuk (Foto: Vibizmedia)

Harga terjangkau, royal dagingnya

Ada lagi yang menarik, dari sate lilit yang ditemukan di Pasar Alas Kusuma. Yaitu harganya, yang murah banget, yaitu dibawah Rp 5000 per tusuknya.

Harga murah, bukan berarti kualitas murahan. Dagingnya hmmmm, nyes banget. Dagingnya banyak, padat dan terasa empuk di mulut.

Mungkin, selama ini Anda belum pernah cicipi kan sate lilit nikmat yang ada di Pasar Alas Kusuma? Tapi, kalau Anda nanti berkunjung ke Bali, pastikan wisata kuliner sate lilit di Pasar Alas Kusuma masuk dalam list Anda. Pastinya, setelah mencicipinya, Anda tak akan menyesal.

Penulis: Berlin Linda
Editor: Fanya Jodie